Indonesia Terima Bantuan 625 Ribu Masker KF94 dari Korea Selatan

Penyerahan bantuan secara simbolis
Penyerahan bantuan secara simbolis (kemlu.go.id)
KLIKPOSITIF

- Korea Selatan kembali serahkan dukungan bagi Indonesia untuk menangani COVID-19. Bertempat di Graha BNPB, Duta Besar Republik Korea ( Korea Selatan ) untuk Indonesia, Kim Chang-beom, secara simbolis serahkan bantuan tersebut kepada Indonesia yang diwakili oleh pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Luar Negeri (13/07/2020).

Kali ini, Korea Selatan serahkan bantuan berupa 625 ribu masker KF94 senilai kurang lebih USD 500 ribu yang diperuntukan untuk garda terdepan Indonesia dalam penangangan COVID-19. Sebelumnya, pada bulan April 2020, Korea Selatan juga telah menyerahkan dukungan dalam bentuk 50.000 reagen tes PCD dan 300sprayer disinfectantsenilai kurang lebih USD 500.000.

baca juga: Yakin Masker Kain Kamu Efektif Cegah Virus Corona? Tes Dulu Dengan Cara Ini

Dubes Korea Selatan menyampaikan bahwa dukungan tahap kedua ini merupakan tindak lanjut dari hasil pembicaraan telepon antara Presiden Korea Selatan , Moon Jae-in dengan Presiden Joko Widodo pada tanggal 21 April 2020. Pemerintah Korea Selatan meyakini kerja sama ini akan berdampak langsung secara positif bagi kapasitas garda terdepan Indonesia dalam penanganan COVID-19, yaitu tim medis dan petugas kesehatan.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Kerjasama BNPB sebagai salah satu pihak yang mewakili Indonesia menggarisbawahi arti penting dari kerja sama penanggulangan Covid-19 dalam hubungan antara dua negara sahabat, yang juga adalah mitra strategis khusus.

baca juga: Fadli Zon Sebut Mendikbud Nadiem Harus Hentikan POP Kemendikbud, Ini Lima Alasannya

Editor: Haswandi