2021, Pemkab Solok Prioritaskan Revitalisasi Pasar Nagari

Bupati Solok, H. Gusmal
Bupati Solok, H. Gusmal (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Koperindag dan UKM Kabupaten Solok menargetkan kembali revitalisasi sejumlah pasar nagari yang ada di Kabupaten Solok , Sumatera Barat.

Menurut Bupati Solok, H. Gusmal, sebelum musrenbang Kabupaten Solok tahun 2021 dilaksanakan, pihaknya sudah melakukan survey pasar terkait dengan usulan nagari untuk revitalisasi pasar-pasar rakyat yang ada di Kabupaten Solok .

baca juga: Gusmal Daftarkan Diri ke Poros Baru, Representasi Solok Raya?

"Survey dilakukan untuk mendapatkan informasi soal kebutuhan nagari terhadap pengembangan pasar yang ada di nagari-nagari, nantinya baru dilakukan pengelompokan terhadap prioritas," terang Gusmal, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, keberadaan pasar nagari di masing-masing daerah sangat penting dalam menjaga distribusi produk hasil pertanian dan UKM yang ada di Kabupaten Solok . Pasar menjadi muara terhadap produk dari pelaku usaha.

baca juga: Kasus COVID-19 Naik Drastis di Kabupaten Solok, Lima Hari 6 Kasus Baru

Dikatakannya, tiap wilayah mempunyai potensi sendiri, seperti wilayah selatan Kabupaten Solok mempunyai potensi di bidang sayuran, bagian tengah kental akan beras dan pangan lainnya, bagian utara unggul di bidang perikanan.

Namun demikian, seiring dengan perkembangan zaman, pasar nagari sudah banyak ditinggalkan lantaran berbagai stigma negatif, seperti becek, kotor dan bau. Untuk itu, pasar perlu direvitalisasi agar kembali lebih hidup.

baca juga: Mundur, Agus Syahdeman Batal Berpasangan dengan Desra di Pilkada Kabupaten Solok

Terlebih lagi, saat ini sudah ada swalayan dan mini market. Tidak sedikit ibu-ibu yang belanja untuk kebutuhan dapur dan lainnya di sana dengan alasan kebersihan dan lebih nyaman.

"Kita ingin pasar rakat kembali hidup di setiap nagari-nagari, salah satunya dengan revitalisasi pasar. Pasar rakyat disulap menjadi lebih nyaman, bersih dan dilengkapi fasilitas penunjang," terang Gusmal.

baca juga: Sudah 17 Kasus, Ini Sebaran Kasus COVID-19 di Kabupaten Solok

Terpisah, Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Kabupaten Solok , Eva Nasri mengatakan, survey sudah dilaksanakan pada beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Solok .

Survey yang dilakukan meliputi Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kecamatan X Koto Singkarak, Kecamatan Tigo Lurah, dan Kecamatan Lembang Jaya.

"Hasilnya, pasar nagari di mayoritas kecamatan yang di survey ditemukan beberapa fasilitas yang sudah rusak, nantinya pasar-pasar ini mendapatkan prioritas melalui program revitalisasi pasar," terangnya.

Dengan revitalisasi pasar nagari diharapkan akan kembali menarik minat masyarakat untuk kembali berbelanja di pasar rakyat. Peningkatan fasilitas dan pelayanan menjadi perhatian utama.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi