Diduga Terpapar Dari Anak, Seorang Lansia Positif COVID-19 di Solok

Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam
Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Kasus Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Solok terus bertambah, seorang wanita lansia asal Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diateh dinyatakan positif.

Diketahui, pasien positif 011 Kabupaten Solok tersebut berinisial S (88). Yang bersangkutan merupakan ibu kandung dari pasien positif 010 DY (64) yang memiliki riwayat baru kembali dari Palembang.

baca juga: Pilkada Solok, KPU Buka Pendaftaran Calon 4-6 September 2020

Bupati Solok H. Gusmal melalui juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Solok , Syofiar Syam menjelaskan, S (88) diketahui positif setelah dilakukan tes swab di Unand Padang.

"Usai konfirmasi positif COVID-19 pasien DY, tim dari Puskesmas Sulit Air langsung melakukan tracking terhadap kontak erat, semuanya berjumlah 13 orang, termasuk ibu dari DY," terang Syofiar Syam, Selasa (14/7/2020).

baca juga: Ingat Janji Nasrul Abit Menjelang Pilgub! Perbaikan 17 Kilometer Jalan Garabak Data

Dijelaskannya, pada tanggal 9-10 Juli 2020 (sehari sesudah didapat informasi bahwa DY Positif COVID-19), tim langsung melakukan tracing dan pengambilan sampel swab terhadap seluruh kontak erat.

Sampel tersebut dikirim ke laboratorium diagnostik dan riset terpadu penyakit infeksi fakultas kedokteran Universitas Andalas, Padang. Setelah diperiksa, satu sampel dinyatakan positif dan diketahui merupakan milik S (88).

baca juga: Kunjungi Daerah Terisolir di Kabupaten Solok, Nasrul Abit Janji Sejahtera Warga Garabak Data

"Hari ini kita diinformasikan oleh pejabat terkait dari laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, ada satu orang penambahan kasus positif baru, total sudah 11 kasus di Kabupaten Solok ," terangnya.

Merespons hasil laboratorium tersebut, petugas Puskesmas Sulit Air kembali melakukan tracing terhadap kontak erat dengan pasien 011, terdata ada lebih kurang 20 orang yang pernah melakukan kontak langsung.

baca juga: Bawa Sabu dan Ekstasi, Dua Pengangguran Diciduk Polisi di Solok

"InshaAllah, besok akan dilakukan pengambilan swab terhadap seluruh kontak erat, dan akan dikirim langsung ke Padang untuk diperiksa di laboratorium," tutupnya.

Untuk sementara, pasien 011 diisolasi secara mandiri di Kediamannya di Nagari Sulit Air. Sementara sampai saat ini, DY yang merupakan anak dari pasien 011 masih diisolasi di RSUD M. Natsir Solok.

Sebelumnya, DY (64) anak dari S (88) baru kembali dari Palembang lantaran sakit dan hendak berobat di kampungnya. Namun, setelah beberapa berobat sakitnya tak kunjung sembuh, saat dilakukan tes swab, ternyata DY positif Covid-19. Kuat dugaan, S (88) terpapar virus Corona dari anaknya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi