Sempat Reaktif COVID-19, Hasil Swab Tiga Calon PPDP Negatif

KPU Pessel
KPU Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengungkapkan,

tiga calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilkada di daerah itu yang reaktif COVID-19, dinyatakan negatif setelah dilakukan tes swab.

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

Ketua KPU Pessel , Epaldi Bahar menyampaikan, informasi tersebut harus disebarluaskan. Sebab, khawatir menjadi informasi liar dan bias terhadap kinerja PPDP, dan berdampak buruk terhadap pergaulan bersangkutan.

"Jadi perlu kita sampaikan, karena setelah dilakukan tes usap (swab test) sebagai tindaklanjut ketiganya sudah dinyatakan negatif," ungkapnya saat jumpa pers Kantor KPU Pessel , Rabu, 15 Juli 2020.

baca juga: 24 Orang di Pessel Kontak dengan Pasien Kluster Bank Nagari Padang, Salah Satunya Guru

Ia menjelaskan, hasil reaktif itu diketahui sebelumnya, setelah dilakukan rapid test rentang 07-10 Juli 2020 bersama tim dari RSUD Dr M. Zein Painan.

"Dari 1.096 calon PPDP, tiga di antaranya dinyatakan reaktif COVID-19. Dan setelah dilakukan tes usap, hasilnya dinyatakan negatif," terangnya.

baca juga: Dinilai Merusak, Galian C di Kampung Lubuk Buayo Pessel Dilaporkan Masyarakat

Ketiga calon PPDP yang sempat, dinyatakan reaktif itu, di antaranya calon dari Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, satu dari Kecamatan Bayang dan satu dari Kecamatan Batang Kapas.

Dan, sesuai dengan peraturan langsung diusulkan penggantian, namun dengan catatan calon yang menggantikannya juga mesti melakukan tes cepat dengan hasil harus nonreaktif COVID-19.

baca juga: KPU Solsel Tuntaskan Vermin Dukungan Perbaikan Pasangan Jon Matias-Jufrial

"Dengan kegiatan ini mudah-mudahan masyarakat membuka diri terhadap petugas PPDP yang akan diturunkan, sehingga tugas mereka tuntas dengan hasil maksimal," kata dia.

Diketahui, PPDP akan turun ke lapangan terhitung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dengan berkunjung dari satu rumah ke rumah sesuai dengan wilayah kerja masing-masing

PPDP juga akan dilengkapi dengan masker, pelindung wajah, sarung tangan, pembersih tangan serta tanda pengenal dan atribut pendukung lainnya. Dari data KPU Pessel , PPDP akan melakukan Coklit untuk 347.704 data pemilih.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani