PWI Tanah Datar Jalin Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Ketua PWI Tanah Datar Mustafa Akmal dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Afdhal
Ketua PWI Tanah Datar Mustafa Akmal dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Afdhal (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Kita mengapresiasi kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan sosialiasi terkait dengan perlindungan kerja terhadap anggota dan pengurus karena kerja wartawan cukup banyak risiko," ucap Ketua PWI Tanah Datar Mustafa Akmal di Batusangkar, Rabu 15 Juli 2020.

baca juga: Pasien 012 Sembuh, Tanah Datar Zero Kasus Positif COVID-19

Ia menyebut setiap wartawan tidak menginginkan terjadi musibah maka dengan adanya jaminan BPJS Ketenagakerjaan ini akan membantu pihak keluarga peserta dengan adanya santunan yang diberikan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Muhammad Afdal menyambut baik rencana PWI untuk ikut menjadi peserta jaminan sosial tersebut.

baca juga: Ayo Dukung Tanah Datar Authentic Minangkabau Menang API 2020

"Selain jaminan kecelakaan kerja, pada BP Jamsostek juga ada jaminan hari tua dan jaminan kematian. Jika peserta mengalami musibah kecelakaan atau meninggal dunia, peserta ditanggung pengobatannya hingga biaya tak terbatas," tutur Afdhal.

Ia menyebut berapapun biaya perawatannya akan ditanggung, termasuk dana pengganti gaji tiap bulan selama tidak dapat bekerja, untuk perawatan kelas satu dan dua orang anak juga diasuransikan, pendidikannya ditanggung hingga tamat kuliah.

baca juga: Kebakaran Lahan di Tanah Datar Nyaris Merembet ke Komplek Perumahan

Ia menjelaskan ada empat program yang diusung BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pelayanan Kesehatan, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Kematian, masing-masing pelayanan hanya membebankan premi perbulannya hingga Rp20 ribuan. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera