Ini Harapan DPRD Padang Terkait Pemilihan Kepala OPD oleh Wali Kota

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, berharap kepada walikota dalam pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang disepakati, diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, berharap kepada walikota dalam pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang disepakati, diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, berharap kepada wali kota dalam pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang disepakati, diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dalam mengelola tata pemerintahan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani terkait Ranperda perubahan atas Perda No.6 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Padang.

"Mengapa demikian? Karena berbicara OPD, berarti ada harapan masyarakat Kota Padang yang harus dijunjung dan diwujudkan. Perubahan ini dinilai dan didasari dari luas wilayah dan beban tugas yang ada, di aturan yang berlaku sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tersebut," katanya.

baca juga: Kota Padang Kembali Jadi Zona Merah, Ini Kata DPRD

Ia menuturkan pihaknya di DPRD menyetujui hal itu dan akan melakukan pengawasan maksimal, bagaimana OPD yang telah disepakati diisi dengan orang-orang yang berkemampuan dan membawa Kota Padang sesuai misi dan visi.

"Terhadap OPD yang disahkan akan efektif pada 2 Januari sehingga persiapan ada di di sana. Perubahan ini memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Kita mendorong dalam penyusunan dan penempatan orang-orang yang mengisi infstruktur, harus ada analisa jabatan yang jelas, artinya orang diberi amanah betul-betul memiliki elektibilitas yang tinggi, dan etentitas yang tinggi dalam bertanggungjawab soal ini," terangnya.

baca juga: DPRD Padang Minta Pemko Gencarkan Sosialisasi Penerapan Protokol COVID-19

Adapun OPD yang berubah dalam Ranperda Perubahan Atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Padang ini, setidaknya ada 8 SKPD yang berubah dan bergabung. Yaitu Dinas PUPR menjadi tipe A, Dinas Penataan Ruang dan Bangunan tipe A, Dinas Pertanahan tipe C dan Dinas Pangan dan Perikanan tipe A. Selanjutnya Diskominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta tipe A, Dinas Pariwisata tipe A dan RSUD menjadi UPTD khusus di bawah Dinas Kesehatan. (*)

Editor: Fitria Marlina