Gunakan Dana Stimulan, Pemnag Kajai Pasbar Bedah 16 Rumah Warga

Warga secara gotong royong membantu membangun rumah salah seorang warga yang dapat bantuan bedah rumah di Jembatan Panjang, Nagari Kajai
Warga secara gotong royong membantu membangun rumah salah seorang warga yang dapat bantuan bedah rumah di Jembatan Panjang, Nagari Kajai (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 16 unit rumah di bedah oleh Pemerintahan Nagari Kajai dari dana stimulan 2019. Selain bedah rumah juga dilakukan bantuan listrik dan jamban.

"Ada 16 unit bantuan bedah rumah dengan anggaran Rp17,5 juta per unit. Namun dari total nilai per unit dibagi Rp15 juta untuk bahan dan Rp2,5 juta untuk upah," sebut Wali Nagari Kajai Yulisman.

baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Indonesia Gunakan Metode Farmakologi, Apa Itu?

Ia mengatakan, pengelolaan dana dilakukan dengan transparan dan tepat sasaran. Sedangkan pembedahan rumah dilakukan dengan cara pembagian 2 unit per jorong. Selain bedah rumah juga digunakan untuk listrik dan jamban.

"Listrik dan jamban telah selesai, saat ini tinggal bedah rumah yang sedang berjalan. Kalau tidak ada halangan di bulan Juli atau Agustus 2020 sudah siap semua," katanya.

baca juga: Kasus Kembali Bermunculan, Zona Hijau COVID-19 di Sumbar Tinggal Empat Daerah

Yulisman menjelaskan dana stimulan yang dikelola dilakukan dengan cara transparan dan dengan sasaran untuk warga yang benar-benar membutuhkan serta layak dibantu.

Sedangkan pembangunannya dilakukan secara swadaya. Sehingga anggaran untuk upah dialihkan untuk pembelian bahan, tentu rumah bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

baca juga: Dinkes Pariaman Ingatkan Bahaya Penyakit Kusta, Ajak Masyarakat Lakukan Hal Ini

"Kita dari pemerintahan menyasar ke warga yang benar-benar membutuhkan, tentu dengan itu dana stimulan ini tepat pada sasaran nya dikucurkan," jelasnya.

Eli salah seorang penerima bantuan bedah rumah di Nagari Kajai menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang diberikan.

baca juga: Menperin Khawatir Virus Baru Akan Muncul dan Lebih Mematikan dari COVID-19

"Saya ucapkan terima kasih pada pemerintah daerah dan Pemerintah Nagari Kajai atas bantuan bedah rumah ini," ucapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri