Bawaslu Pessel Pastikan Pengawasan Proses Coklit Sesuai Prosedur

Koordinator Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Pessel, Syafrijal Chan
Koordinator Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Pessel, Syafrijal Chan (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat memastikan proses pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih Pilkada 2020 berjalan sesuai prosedur, di daerah itu.

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Pessel , Syafrijal Chan mengungkapkan, sesuai arahan Bawaslu RI, pihaknya melaksanakan pengawasan Coklit dengan tiga metode atau strategi.

baca juga: KPU Tanah Datar Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Di antaranya, pengawasan sampling audit dengan mengaudit data Coklit jajaran KPU dari rumah ke rumah, pengawasan berkala dengan menyisir pengawasan secara bergulir ke seluruh TPS dan pengawasan langsung.

"Seluruh hasil pengawasan akan dituangkan ke dalam form A dan alat kerja Pengawasan (AKP). Guna memastikan, pelaksanaan kegiatan Coklit sudah memenuhi aturan dan prosedur," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Jumat 17 Juli 2020.

baca juga: Hadapi Sidang MK, KPU Solok Buka 363 Kotak Suara

Ia menjelaskan, pelaksanaan pengawasan Coklit sendiri, dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dari 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Dalam pengawasan sendiri, pihaknya meminta masyarakat ikut dalam mengawal proses Coklit. Di antaranya untuk memastikan masuk atau tidaknya dalam daftar pemilih.

baca juga: Pemkab Tagetkan Vaksinasi Nakes di Pessel Tuntas Januari 2021

"Dan pastikan semua kita dan sanak keluarga yang sudah wajib pilih. terdaftar dalam data pemilih. Karena suksesnya Pilkada serentak 2020 berawal dari data pemilih yang akurat dan valid," terangnya.

Sejauh ini, untuk pelanggaran pada proses Coklit, pihaknya masih terus melakukan pengawasan dan belum ada bentuk pelanggaran Coklit yang dilaporkan sejak dimulai 15 Juli 2020 lalu.

baca juga: DPRD Tetapkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pessel

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera