Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Titik di Pasaman Barat Dilanda Bencana

Tanah longsor di Jalan Talang Kuning Kampung Guo didaerah Jorong Kampung Guo, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh
Tanah longsor di Jalan Talang Kuning Kampung Guo didaerah Jorong Kampung Guo, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh (BPBD Pasbar)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sekitar enam jam hujan deras mengguyur bumi Pasaman Barat ( Pasbar ) Sumatera Barat, mengakibat sejumlah titik didaerah itu dilanda bencana , Sabtu (18/7/2020).

"Hujan dengan intensitas tinggi dan disertai petir sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB beberapa titik di Pasaman Barat dilanda bencana ," sebut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar , Decky H Saputra kepada KLIKPOSITIF , Sabtu Malam.

baca juga: 165 Ribu Wisman Kunjungi Indonesia Sepanjang Agustus 2020, BPS: Bukan Liburan

Ia mengatakan, bencana yang melanda itu seperti bencana banjir, pohon tumbang hingga tanah longsor. Sementara daerah yang terparah dialami di Siligawen Kecamatan Gunung Tuleh.

Sedangkan untuk bencana banjir melanda daerah pemukiman penduduk di Nagari Persiapan Lubuk Landur, Kecamatan Pasaman. Banjir itu disebabkan oleh tingginya debit air Sungai Batang Lubuak Landur.

baca juga: DPR Dorong KLHK Selesaikan Target Penetapan Kawasan Hutan

"Air sungai itu meluap dengan ketinggian sekitar 50 centemeter ke pemukiman warga dan merendam dua unit rumah warga. Tim sudah kita kerahkan untuk membantu," katanya.

Selain itu, banjir juga melanda daerah pemukiman warga di Nagari Persiapan Suka Menanti. Banjir ini disebabkan meluapnya anak air batang puai yang mengakibatkan tiga rumah dan satu mushola terendam.

baca juga: Dirikan Partai Ummat, PAN: Amien Rais Sudah Bukan Keluarga Besar Kami

Kemudian banjir juga melanda pemukiman warga di Nagari Aur Kuning, Pasaman Barat. Banjir di daerah ini diakibatkan luapan anak air Batang Puai yang mengakibatkan tiga unit rumah terendam air.

Dititik lain pohon tumbang melanda daerah jalan lintas Padang- Simpang Empat di Aia Rau, Kecamatan Kinali. Sehingga mengganggu arus lalu lintas pengendara.

baca juga: Komisi IX DPR Dukung Percepatan Pengembangan Industri farmasi dan Alkes

"Tadi pohon yang tumbang sudah berhasil diatasi bersama masyarakat setempat dan lalu lintas juga sudah lancar," katanya.

Sementara bencana tanah longsor melanda Jalan Talang Kuning Kampung Guo didaerah Jorong Kampung Guo, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh.

"Akses jalan terhambat untuk roda empat belum bisa melintas, sedangkan untuk roda dua bisa lewat dan kita telah melakukan koordinasi ke Dinas PU untuk peminjalan alat berat untuk mengangkat material longsor tersebut," jelasnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam rangkaian peristiwa tersebut. Pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat, agar tetap waspada ditengah cuaca ekstrim ini sehingga tidak jatuh korban jiwa.

Hingga pukul 23.00 WIB, Sabtu (18/7/2020), akses jalan untuk roda empat Jalan Talang Kuning Kampung Guo didaerah Jorong Kampung Guo, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh masih belum bisa dilalui.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri