Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri, PNP Kerjasama dengan 15 PTS di Lingkungan LLDikti Wilayah X

Kepala LLDIkti Wilayah X Prof. Herri, SE,MBA,memukul gong tanda dilounchingnya penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri PNP bersama 15PTS.
Kepala LLDIkti Wilayah X Prof. Herri, SE,MBA,memukul gong tanda dilounchingnya penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri PNP bersama 15PTS. (Riki S)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Politeknik Negeri Padang ( PNP ) melounching penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri bersama 15 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, Senin, 20 Juli 2020.

15 PTS itu terdiri dari UBH Padang, STTIND Padang, Universitas Tamsis Padang, STIKES Perintis, Akper Baiturrahmah, Stikes Hang Tuah Tanjung Pinang, Politeknik Kampar Riau, Universitas Abdurrab, Universitas Dharmas Indonesia, Unidha, ITP, Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, STIA LPPN, UMSB dan Politeknik Caltex Riau.

baca juga: Diresmikan Dirjen Perumahan Kementrian PUPR, Rusun untuk Mahasiswa Fakultas Vokasi ITP Siap Digunakan

Bertempat di Kampus PNP , lounching seleksi bersama itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala LLDIkti Wilayah X Prof. Herri, SE,MBA, dan disaksikan oleh Direktur PNP Surfa Yondri beserta seluruh jajarannya dan juga Rektor, Direktur, Ketua dan seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDikti Wilayah X.

Lounching penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri PNP bersama 15PTS disaksikan secara virtual.
Lounching penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri PNP bersama 15PTS disaksikan secara virtual.

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, lounching penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri ini juga disaksikan secara virtual oleh akepala Sekolah SMA/SMK/MA se Sumatera Barat, dan seleksi mandiri ini merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru PNP di tahun ajaran 2020/2021.

baca juga: UKM Pramuka Undhari Kunjungi Kwarcab 03 Sijunjung dan Geopark Ranah Minang Silokek

Sebelumnya, PNP juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPN, SMBPN, kelas kerjasama dengan PT. Trakindo untuk Prodi Teknik Alat Berat, Pendaftaran Kelas MSU International Progression Program, Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP)- Kuliah PNP dan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Suasana saat lounching penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri PNP bersama 15PTS di kampus PNP.
Suasana saat lounching penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri PNP bersama 15PTS di kampus PNP.

"Sampai dengan pelaksanaan enam jalur pendaftaran tersebut, jumlah peminat masuk PNP untuk tahun ini sudah mencapai 15.031 orang dengan peminat pilihan 1. Jika digabung dengan pilihan ke-2 dan ke-3, maka peminat PNP sampai sekarang sudah berjumlah 39.885. Sementara jumlah yang diterima adalah 1051 orang," katanya.

baca juga: Hari Ini, ITP Mewisuda 168 Orang Mahasiswanya, Pemilik Wardah Hadir dan Beri Motivasi kepada Wisudawan

Kemudian untuk kelas mandiri ini, katanya melanjutkan, PNP akan menyediakan kuota sebanyak 413 orang. Angka ini menurutnya, menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk masuk politeknik khususnya PNP , cukup tinggi dan itu menandakan bahwa masyarakat mulai memahami bahwa pendidikan politeknik adalah pendidikan yang menyiapkan tenaga terampil dan professional pada bidangnya.

"Kemudian dengan dukungan industri yang cukup tinggi, tentunya pendidikan di politeknik sangat cocok untuk dikembangkan, apalagi kemitraan Perguruan Tinggi dengan Industri sudah merupakan suatu yang harus kita ciptakan sesuai yang sering disampaikan Bapak Ditjen melalui istilah Pernikahan Massal," ujarnya.

baca juga: Siapkan Prodi DII Fast Track, PNP Teken Kerjasama dengan Sejumlah Perusahaan

Surfa Yondri juga nenuturkan bahwa sebagai Perguruan Tinggi Negeri bidang vokasi, PNP berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan dengan selalu bermitra dengan Perguruan Tinggi dan Industri. Salah satunya, melalui penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri bersama 15 PTS di lingkungan LLDikti Wilayah X.

Untuk itu, sebagai wujud sinergi dan kolaborasi yang baik, PNP mengajak dan membuka kesempatan bersama beberapa PTS yang ada di Lingkungan LLDikti Wilayah X untuk melaksanakan Seleksi Masuk melalui Jalur Mandiri. "Seleksi bersama ini telah kita laksanakan mulai tahun 2019. Tahun ini merupakan kali kedua kita adakan," bebernya.

Orang nomor satu di lingkungan PNP itu juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala LLDikti Wilayah X dan pimpinan Perguruan Tinggi yang telah berkenan bergabung dengan PNP dalam pelaksanaan Seleksi Mandiri ini. Mudah-mudahan, pelaksanaan seleksi bersama ini dapat memberikan banyak pilihan kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya pada jenjang pendidikan tinggi.

"Kemudian kepada Kepala SMA/SMK Se-Sumatera Barat, kami berharap untuk menyampaikan informasi ini kepada lulusannya yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi mandiri ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala LLDIkti Wilayah X Prof. Herri, SE,MBA mengatakan, sebagai pembina PTS di Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepri, tentu pihaknya sangat bangga dan mengapresiasi PNP , dalam hal ini adalah Direktur PNP Surfa Yondri yang memprakarsai penerimaan mahasiswa baru melalaui seleksi bersama jalur mandiri antara PNP dan 15 PTS di lingkungan LLDikti Wikayah X.

"Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut. Ini tahun kedua dan menunjukan peningkatan. Dari 14 PTS, sekarang naik jadi 15 PTS yang melakukan kerjasama penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri. Dan ini menandakan bahwa kerjasama ini saling menguntungkan. Mudah-mudahan ke depan, akan ada kerjasama yang lebih luas lagi untuk berbagai bidang," katanya.(*)

Editor: Riki