Sepanjang 2020 Terjadi 21 Kasus Kebakaran di Payakumbuh

Kebakaran rumah di Payakumbuh, beberapa waktu lalu.
Kebakaran rumah di Payakumbuh, beberapa waktu lalu. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP - Damkar) Kota Payakumbuh mencatat sebanyak 21 kasus kebakaran yang terjadi di daerah tersebut sepanjang 2020.

Kepala Satpol PP - Damkar Kota Payakumbuh , Devitra menjelaskan, armada Damkar Kota Payakumbuh selalu prima, termasuk petugas yang siap siaga di posko untuk menerima laporan.

baca juga: Wako Payakumbuh Minta Pelaksanaan Pilkada Patuhi Maklumat Kapolri

"Petugas kita selalu bekerja dalam kondisi fit dan yang paling penting adalah fasilitas tempur mereka siap digunakan kapanpun, baik mobil Damkar, mesin pompa, dan segala peralatan lainnya. Nomor hotline selalu dapat dihubungi 24 jam di 0752-92913," kata Devitra, Selasa (21/7).

Salah satu bukti kesiapan armada Damkar Kota Payakumbuh adalah dengan ikut memberi bantuan armada pemadam kebakaran ke luar kota yang sampai sejauh ini sudah dilakukan sebanyak 18 kali.

baca juga: Loka POM Payakumbuh Telah Laporkan 18 Toko Online yang Merugikan Konsumen

Dia menambahkan, pihaknya berupaya untuk tiba di lokasi kebakaran begitu mendapat laporan dari masyarkaat. Untuk kasus kebakaran di dalam kota, patokan waktu petugas datang ke lokasi maksimal adalah 15 menit.

"Kejadian yang kita temui itu laporan baru masuk saat api sudah membesar dan menghanguskan bangunan rumah warga, mungkin saat kejadian karena panik warga jadi lambat melapor ke posko damkar," ujar Devitra.

baca juga: Pemprov Sumbar Salurkan Bantuan Rp45 Juta untuk Korban Kebakaran di Maninjau

Diterangkannya lagi, reflek orang saat ada kebakaran adalah mereka mencoba memadamkannya sendiri, seperti kasus terakhir di Kelurahan Napar, dimana yang terbkar adalah lokasi penyimpanan minyak, karena secara reflek warga menyiram minyak yang terbakar dengan air sehingga menyebar ke bangunan sebelahnya.

"Beruntung petugas Damkar kita saat itu datang kurang dari 5 menit setelah menerima laporan, alhamdulillah rumah warga yang lain dapat kita selamatkan, 2 jam proses pemadaman dilakukan dengan 11 unit mobil damkar," pungkasnya. (*)

baca juga: MTI Kapau Terbakar Pagi Ini

Editor: Taufik Hidayat