DPRD Nilai Nyaris Tak Ada Protokol Kesehatan Selama New Normal

New Normal
New Normal (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat mengatakan bahwa nyaris tak ada protokol kesehatan khusus selama pelaksanaan pola tatanan kehidupan baru atau new normal . Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

"Kita nyaris tidak memiliki formulasi khusus protokol kesehatan COVID-19 di masa pola tatanan kehidupan baru atau new normal , jadi tidak hanya konteks cuci tangan, pakai masker atau lainnya. Protokol kesehatan lain, selain memakai masker juga ada elemen lain yang harus diterapkan," katanya saat dihubungi di Padang.

baca juga: Komisi Satu DPRD Sumbar Sosialisasi Perda AKB di Lubuak Aluang Padang Pariaman

Ia mengatakan ada standar penguatan dan itu harus jelas serta terukur. "Dan itu belum yang kita lakukan, sehingga ada yang positif kembali seperti beberapa kasus belakangan ini," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah provinsi harus punya pemetaan yang jelas soal aturan itu di masa new normal . "Kita selalu berkoar-koar soal protokol kesehatan, namun masker juga tak di pakai. Di pasar-pasar kebanyakan kita lihat masih tetap buka masker. Dan juga kecil persentase yang disakunya menyediakan hand sanitizer," jelasnya.

baca juga: Ketika Ada Dua Salat Jumat di DPRD Sumbar

Supardi mengatakan dengan masih kurang disiplinnya masyarakat juga tidak ada teguran dan lainnya. "Nanti setelah ada kasus atau kejadian, baru melakukan razia. Jadi kita jangan terbuai bahwa Sumbar dianggap berhasil menangani COVID-19," terangnya. (*)

Editor: Fitria Marlina