Satu Unit Mobil Terbakar Diduga di SPBU Koto Nan Ampek Payakumbuh, Warga Sebut Hal Ini

Mobil Avanza saat dipadamkan pakai racun api di SPBU Koto Nan Ampek
Mobil Avanza saat dipadamkan pakai racun api di SPBU Koto Nan Ampek (Istimewa)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Satu unit kendaraan roda empat terbakar di depan pintu keluar salah satu SPBU di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis 23 Juli 2020. Kejadian ini diketahui lewat unggahan foto dan video yang beredar di media sosial baik itu Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Berdasarkan foto yang beredar, mobil tersebut bernomor polisi BA **** SS jenis Toyota Avanza. Salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kejadian sekitar pukul 08.00 WIB pagi.

baca juga: Dua Korong di Lubuk Alung Padang Pariaman Tergenang Banjir

"Ada ledakan yang terdengar sekitar lebih kurang jam 8 pagi. Kemudian tiba-tiba berjarak beberapa ratus meter dari lokasi kejadian, mobil berwarna silver ini terletak di halaman warga di Kelurahan Bulakan Balai Kandi," kata warga tersebut.

Ia menjelaskan saat mobil tersebut berada di halaman rumah warga yang mengarah ke Sekolah Madani atau Kampus Akbid lama, ada terlihat beberapa orang yang memindahkan jerigen yang diduga berisi bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin. Pasalnya, dikatakannya bau menyengat bensin tercium kuat.

baca juga: Diguyur Hujan Sejak Siang, Ini Tiga Titik Lokasi Tergenang di Kota Padang

"Ada warga lain yang melihat ada yang memindahkan jerigen ke mobil jenis pick up dan langsung pergi. Tapi kemudian ada pemuda yang menegur pengemudi mobil pickup up tersebut dan juga langsung pergi setelah itu," ujarnya.

Pemindahan jerigen ini dikatakannya terjadi sebelum pihak kepolisian datang ke lokasi tempat mobil yang diduga meledak dekat SPBU tersebut. Sementara itu, Kasatpol PP & Damkar Payakumbuh Devitra saat dihubungi via telepon membenarkan kalau memang ada kejadian kebakaran di area SPBU Koto Nan Ampek.

baca juga: Masyarakat Payakumbuh Makin Antusias Bersepeda, Pemko Siapkan Tempat Parkir Khusus

"Tapi hingga kini sekitar pukul 11.40 WIB tidak ada laporan yang masuk ke Damkar Payakumbuh . Kemungkinan di sana sudah ada APAR atau racun api untuk memadamkan api sebagai langkah pertama kalau terjadi kebakaran ," kata Devitra.

Ia menambahkan petugas SPBU juga telah dibekali skil untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran . Ia juga mengimbau kepada pemilik toko atau warga yang memiliki bangunan untuk menyediakan racun api untuk antisipasi kalau terjadi kebakaran

baca juga: 165 Ribu Wisman Kunjungi Indonesia Sepanjang Agustus 2020, BPS: Bukan Liburan

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri