Kampus

ITP Gelar Wisuda ke-72 Via Daring pada 25 Juli Nanti

Kampus ITP
Kampus ITP (Ist)

KLIKPOSITIF - Institut Teknologi Padang ( ITP ) akan menggelar wisuda daring angkatan ke-72 tahun 2020 pada 25 Juli 2020. Sebenarnya acara wisuda ke- 72 dijadwalkan pada 18 April 2020, Namun karena pertimbangan situasi dan kondisi pandemi covid-19, ITP memutuskan perubahan jadwal dan tata upacara wisudanya.

Rektor ITP , Ir. Hendri Nofrianto, MT mengatakan, upacara perhelatan wisuda ITP angkatan k2-72 harus dilaksanakan dengan telekonferensi dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

baca juga: Kemendikbud: Orang Tua Berhak Tolak Anaknya Belajar Tatap Muka, Tapi....

" Wisuda angkatan ke-72 ini memang agak spesial dari yang sebelumnya, dikarenakan kita harus melaksanakannya dengan cara yang berbeda dan spesial juga, yaitu dengan wisuda daring," ujar Rektor, (23/7/2020) melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF .

Lebih lanjut, Hendri menyampaikan wisuda ke-72 ini juga akan disaksikan oleh kepala LLDikti Wilayah X, Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Ketua ILUNI ITP serta orang tua dan keluarga wisudawan melalui teleconference, sehingga tidak akan mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda .

baca juga: Nadiem Makarim : Mohon Maaf Nih Saya Sedikit Emosional Mengenai Hal Ini

Kepala Pusat Layanan Terpadu ITP , Hamdi Habdillah, M.Kom menjelaskan, wisuda ITP ke -72 akan dilakukan melalui aplikasi Zoom dan Live Stream di channel Youtube Institut Teknologi Padang.

" Wisuda daring ini kita menggunakan aplikasi zoom. Untuk kepala LLDikti Wil X, Pengurus Yayasan dan Ketua Alumni pun akan bergabung melalui teleconference ini. Selain itu, kita juga akan live streaming di youtube sehingga kerabat atau keluarga wisudawan yang tidak dapat bergabung secara langsung di zoom, bisa menyaksikan di channel youtube Institut Teknologi Padang," jelas Hamdi.

baca juga: Nadiem Sebut Tak Mungkin Ubah Sistem Pendidikan dalam 5 Tahun

"Sebanyak 128 wisudawan angkatan ke-72 tahun 2020 yang didampingi oleh orang tua atau keluarga akan bergabung di aplikasi tersebut. Dan ketika prosesi pemindahan jambul, orang tua akan menggantikan peran rektor untuk memindahkan jambul pada toga wisudawan. Tentunya ini menjadi moment yang lebih sakral bagi wisudawan, karena dipindahkan jambul oleh orang tua sendiri," tambahnya.

Sementara itu, untuk proses acara yang dilakukan di kampus tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menerapkan physical distancing dan menggunakan masker.

baca juga: PPID SMAN 2 Payakumbuh Raih Penghargaan Kategori Informatif

"Kita mulai acara wisuda pukul 09.00, sabtu besok. Semua persiapan baik secara perangkat dan lain-lain telah kita siapkan. Semoga semua acara yang sudah disusun panitia dapat berjalan lancar, sehingga kita bisa merayakan kelulusan rekan-rekan wisudawan secara khidmat. Insya allah tidak ada halangan," imbuhnya.

Editor: Khadijah