Pleno Verifikasi Faktual, KPU Sumbar Putuskan Fakhrizal-Genius Belum Lolos

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Provinsi Sumbar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Provinsi Sumbar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Provinsi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar memutuskan, bakal pasangan calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur Fakhrizal - Genius Umar belum lolos verifikasi faktual. Keputusan tersebut ditetapkan dalam di Hotel Pangeran, Kota Padang, Kamis (23/7/2020).

Hasil dukungan verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan tersebut didapatkan dengan total dukungan sebanyak 130.258 orang. Jumlah tersebut kurang dari minimal yang ditetapkan KPU Sumbar sebesar 316.051 dukungan.

baca juga: Sandiaga dan Andre Rosiade Dukung Desa Wisata Tungkal Selatan Pariaman

Kekurangannya adalah 185.793 orang. Dengan keputusan tersebut, diminta untuk melakukan perbaikan dengan mengumpulkan dua kali lipat dari angka kekurangan. Maka tim Fakhrizal harus mengumpulkan 371.586 dukungan lagi, jika kurang dari itu maka KPU tidak akan menerimannya.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, dengan keputusan rapat pleno tersebut, bakal pasangan calonperseorangan gubernur dan wakil gubernur Fakhrizal - Genius Umar diberikan waktu perbaikan dukungan dengan penyerahan dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2020 ke KPU, kemudian dilanjutkan verifikasi faktual.

baca juga: Besok Ma'ruf Amin Resmikan Pasar Rakyat di Kota Pariaman

"Belum lolos, bukan tidak lolos. Selanjutnya dapat melakukan perbaikan dengan menyerahkan dukungan baru dalam bentuk formulir B-1 KWK, B-1-1 KWK dan B-2 KWK," katanya usai rapat pleno.

Izwaryani menambahkan, pihaknya menghormati jika ada langkah keberatan yang diambil oleh Tim bakal pasangan calon perseorangan. "Kita menghormati langkah-langkah yang diambil, karena itu hak beliau untuk mencapai apa yang beliau inginkan," ujarnya.

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

Sementara itu, Tim narahubung Fakhrizal - Genius Umar Haris, mengatakan pihaknya tidak puas dengan apa yang didiskusikan selama rapat pleno.

"Dan tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan orang yang telah mendukung dengan pola kualitas kerja yang dilakukan oleh KPU Provinsi Sumbar," katanya.

baca juga: Pariaman Canangkan Vaksinasi COVID-19, Genius Umar: Target Kita 90 Persen Nakes Divaksin

"Yang jelas kami keberatan dengan hasil pleno hari ini, kemudian apa yang harus kami lakukan, kami akan tindak lanjuti terkait hal ini," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal