Tolak Hasil Rekap Verifikasi Faktual, M Fadhli Gugat KPU ke Bawaslu

M.Fadhli Menggugat KPU
M.Fadhli Menggugat KPU (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Bakal Calon Wali Kota Bukittinggi dari Jalur Perseorangan M.Fadhli menolak hasil rekapitulasi verifikasi faktual yang diumumkan KPU. Ia bahkan sudah melayangkan gugatan ke Bawaslu.

Alasannya, Fadhli merasa sangat dirugikan karena hasilnya jauh dari yang diharapkan.

baca juga: Bukittinggi Mundur dari Tuan Rumah TdS 2021, Ini Penyebabnya

Dalam penelitian data dan keterangan pendukung, hasil verifikasi faktual ini katanya, telah mengalami manipulasi. Sementara ia merasa sudah menjalani semuanya sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam verifikasi faktual, Fadhli bersama pasangannya Yon Afrizal menyetor sebanyak 8.997 berkas dukungan. KPU menyatakan berkas memenuhi syarat hanya sebanyak 1.517, sementara syarat minimal adalah 8.145 berkas.

baca juga: Ditengah Pandemi Corona, Pemko Bukittinggi Naikkan Target PAD Sektor Pariwisata

Dalam ketentuannya, Fadhli harus menyetor 2 kali dari jumlah kekurangan syarat minimal dalam masa perbaikan verifikasi faktual pada 25-27 Juli 2020.

"Jelas ini sangat berat bagi kami mengumpulkan 13 ribu berkas dukungan untuk perbaikan. Kita sudah melayangkan gugatan ke Bawaslu pada Kamis lalu karena ketidakprofesionalan KPU dalam menjalankan tugasnya," sebutnya, Sabtu 25 Juli 2020.

baca juga: Kurangi Potensi Banjir, Dinas PU Bukittinggi Akan Bangun Saluran Primer

Ia meminta Bawaslu mengabulkan gugatan, dengan menyatakan hasil verifikasi faktual tidak sah dan menuntut diulangnya proses verifikasi faktual seluruh dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Kita juga lampirkan teknis proses verifikasi faktual ulang, seperti jumlah petugas verifikator sebanyak 25-30, petugas didampingi Panwas dan RT atau didampingi pihak kepolisian, maupun beberapa hal lainnya,"sebutnya.

baca juga: Setelah Jabatan Habis di Bukittinggi, Ini Rencana Ramlan dan Irwandi

Sementara, Anggota Bawaslu Bukittinggi Eri Vatria membenarkan jika Fadhli telah melayangkan gugatan dan saat ini tengah diproses.

Sebelumnya, Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura mempersilahkan kepada Bapaslon melayangkan gugatan ke Bawaslu dan pihaknya akan mempersiapkan diri menghadapi hal ini.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi