DPRD Padang: Alokasi Anggaran 2021 Harus Digunakan untuk Pembangunan yang Dirasakan Langsung Rakyat

Pantai Padang
Pantai Padang (Youtube)

PADANG, KLIKPOSITIF -Anggota Komisi II DPRD Kota Padang Miswar Jambak mengatakan, alokasi anggaran tahun 2021, harus dipergunakan untuk pembangunan yang berpihak, dan dapat dirasakan langsung oleh rakyat.

Ia mengatakan KUA untuk pendapatan daerah akan lebih difokuskan pada upaya pengelolaan dan peningkatan pendapatan. "Di antaranya, mendorong peningkatan kepatuhan wajib pajak dan retribusi daerah, peningkatan pelayanan dalam bentuk kemudahan pelaporan, pembayaran dan kemudahan akses informasi," katanya.

baca juga: Komisi II DPRD Padang Kunjungi PT Semen Padang

Menurutnya, KUA untuk belanja daerah diarahkan untuk penyediaan infrastruktur pelayanan publik, program pengentasan kemiskinan, pengurangan angka pengangguran, dan perluasan lapangan kerja baru.

"Dalam penggunaannya, belanja daerah harus tetap mengedepankan efisiensi, efektivitas, dan ekonomis sesuai dengan prioritas," tuturnya.

baca juga: Anggota DPRD Ke Pekan Baru Bahas APBD, Ini Kata Plt Wako Padang

Sedangkan KUA untuk pembiayaan, untuk menjaga kesinambungan kemampuan fiskal daerah melalui peningkatan manajemen pembiayaan daerah dalam rangka akurasi, efektivitas dan profitabilitas sumber-sumber pembiayaan.

"Sehingga fungsi pembiayaan daerah sebagai penyeimbangan antara sisi pendapatan daerah dengan sisi belanja daerah secara makro menjadi berimbang tidak mengalami defisit atau surplus," terangnya.

baca juga: Pemko Padang Sampaikan Ranperda Adaptasi Kebiasaan Baru ke DPRD

Sementara itu, PPAS diarahkan pada penanganan permasalahan nasional yang harus ditanggulangi bersama, seperti pengurangan angka pengangguran, peningkatan pelayanan kesehatan dan jaminan sosial, peningkatan pelayanan publik khususnya infrastruktur, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. (*)

Editor: Fitria Marlina