Mendes Sebut Nagari Sungai Pinang di Pessel Pantas Jadi Percontohan, Ini Alasannya

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat meresmikan pemanfaatan 37 perahu motor di Sungai Pinang-Pessel
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat meresmikan pemanfaatan 37 perahu motor di Sungai Pinang-Pessel (Humas dan Protokoler Pessel)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Menteri Desa Pemban gunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengapresiasi langkah Nagari Sungai Pinang, Kec amatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar sukses membuat terobosan baru dalam memanfaatkan dana desa di daerah setempat.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengu ngkapkan, Nagari Sungai Pinang, pantas menjadi percontohan untuk 181 nagari lainnya di daerah itu. Sebab, dengan terobosannya dalam memanfaat dana desa , pihaknya sukses mengadakan 37 unit perahu motor untuk kebutuhan nelayan .

baca juga: Terkait Vaksin Corona, dr Berlian Idris: Tolong Jangan Main-main dengan Nyawa Manusia

"Saya berharap gerakan cerdas yang dilakukan oleh Nagari Sungai Pinang juga ditiru oleh nagari lainya di daerah ini," ungkapnya dalam menyampaikan sambutan saat peresmian pemanfaatan perahu untuk nelayan yang diprogramkan Nagari Sungai Pinang, Jumat 25 Juli 2020.

Ia mengatakan, langkah Nagari Sungai Pinang sudah sangat tepat, dan dengan adanya perahu nelayan itu secara perlahan ekonomi masyarakat akan bergerak. Apalagi, di tengah pandemi, hal itu sangat dibutuhkan untuk memenuhi sarana ekonomi masyarakat.

baca juga: Shin Tae-yong Punya Data Nama-nama Pemain Keturunan, Siapa Saja?

"Pemanfaatan dana desa untuk pengadaan perahu nelayan , sangat tepat untuk meningkatkan ekonomi nelayan," terangnya.

Kesempatan itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, pemanfataan dana desa di nagari Sungai Pinang untuk bisa lebih optimal lagi, dan diharapkan kebijakan pemanfaatan dana desa untuk pengadaan perahu terus berlanjut pada tahun berikutnya.

baca juga: Terekam CCTV Bocah Diculik saat Main di Teras Rumah, Dimasukkan Karung

"Insyaallah jika pemerintah nagari konsisten tiga tahun ke depan semua nelayan akan memiliki perahu," ujarnya.

Dan kepada Menteri, Bupati menyampaikan banyak terimakasih, dan diharapkan dengan adanya kunjungan tersebut bisa menjadi pendobrak inovasi nagari atau desa di daerah itu berkembang maju lagi.

baca juga: Kemenag Ingin Siapkan Materi Khutbah Jumat, DPR Beri Respon: Tak Masalah Kalau Bukan Wajib

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri