Jelang Iduladha, Harga Sembako di Pariaman Relatif Stabil

ilustrasi
ilustrasi (net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Berdasarkan keterangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Perindagkop) Kota Pariaman terkait harga kebutuhan pokok menjelang Iduladha, relatif stabil.

Perihal itu dijelaskan oleh Kadis Perindagkop dan UKM, Gusniyeti Zaunit. Dikatakannya harga yang relatif stabil itu dipengaruhi oleh ketersediaan bahan kebutuhan pokok mencukupi.

baca juga: Pariaman Urutan 5 Paling Bawah Capaian Vaksin Sumbar, Ini Tanggapan Wali Kota

"Sampai hari ini, telah kami lakukan pemantauan terkait harga kebutuhan pokok di beberapa Pasar dan Toko di Pariaman , harga relatif stabil," ungkap Gusniyeti Zaunit, Senin 27 Juli 2020.

Lebih lanjut Gusniyeti menjelaskan kestabilan harga kebutuhan pokok itu seiring dengan ketersediaan bahan mencukupi dari sektor pertanian.

baca juga: Genius Umar: Tingkatkan Kesadaran sebagai ASN

"Tidak seperti menjelang lebaran yang biasanya. Biasanya harga bawang dan cabe naik namun kali ini belum terpantau kenaikan harga alias stabil," katanya.

Disebarkannya perbandingan harga tahun lalu dengan harga sekarang. "Dulu harga bawang mencapai Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram. Sekarang untuk satu kilo bawang cuma Rp18 ribu hingga Rp20 ribu," jelasnya.

baca juga: Pemko Pariaman Ajukan Perubahan RPJMD 2018-2023, Ini Penyebabnya

Sementara itu, kata Gusniyeti lagi, sama hal nya dengan harga cabe. Rata-rata harga cabe satu kilogram Rp18 ribu hingga Rp20 ribu.

"Penurunan harga terjadi pada harga telor. Bulan lalu harga telor percrak dibanderol Rp50 ribu hingga Rp60 ribu. Sekarang harga telor turun, untuk percrak cuma Rp45 ribu.

baca juga: Pemko Pariaman Minta ATCS ke Kemenhub, Ini Fungsinya

Gusniyeti juga menuturkan, untuk harga gula masih di atas harga eceran tertinggi. Dimakan harga eceran tertinggi adalah Rp12 ribu per kilogram. "Saat ini harga diatasi harga eceran tertinggi yaitu Rp13 ribu," ulasnya.

Harga ayam potong juga masih tinggi dibandingkan harga biasanya. "Untuk daging ayam potong juga masih tinggi dibandingkan biasanya. Satu kilogram ayam potong saat ini dijual Rp23 ribu, harga biasanya cuma Rp18 ribu," jelas Kadis itu.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani