5 Hari Operasi Patuh Singgalang, Polres Pariaman Tilang Puluhan Kendaraan

Operasi Patuh  Singgalang
Operasi Patuh Singgalang (rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Operasi Patuh Singgalang 2020 di Pariaman telah berjalan selama 5 hari. Satlantas Polres Pariaman telah mengeluarkan sebanyak 42 surat tulang dan 15 teguran kepada pengguna jalan.

"Operasi telah berjalan selama 5 hari. Sebanyak 42 surat tilang telah kita keluarkan untuk pengendara yang terjaring. Selain surat tilang kita juga berikan teguran terhadap 15 pengemudi," kata Kapolres Kota Pariaman , AKBP Deny Rendra Laksmana, melalui Kasat Lantas Polres Pariaman , IPTU Muh. Sugindo menjawab KLIKPOSITIF .

baca juga: Tiga Hari Gotong Royong, Pembangunan Jalan Wisata Air Desa Mangau Pariaman Sudah Mencapai 5,1 Kilometer

Lebih lanjut Kasatlantas mengatakan, Operasi Patuh Singgalang sekarang tidak saja fokus untuk menekan angka kecelakaan dan kelengkapan surat pengendara, namun juga kelengkapan protokol kesehatan dari pengendara.

Pihaknya menyebutkan pelanggaran yang dominan ditemukan pada operasi tersebut yaitu surat-surat kendaraan yang sudah lama tidak aktif atau tidak bayar pajak serta pengendara tidak menggunakan masker.

baca juga: Erosi Sungai Batang Mangau Pariaman Ancam Rumah dan Kebun Warga, Wali Kota Ungkap Hal Ini

"Padahal saat ini diterapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19. Berkenaan dengan itu, kami juga membagikan masker ke pengendara dengan harapan pengendara sadar dan tidak terpapar virus tersebut," jelas Sugindo.

Dikatakannya juga, untuk menyukseskan operasi tersebut pihaknya mengerahkan sekitar 40 anggota yang terdiri dari Polisi, TNI, dan Dinas Perhubungan Kota Pariaman .

baca juga: Pemko Pariaman Sulit Tarik Investor Karena Belum Miliki RIPM

Diketahui juga, lokasi operasi tersebut tidak saja dilakukan sejumlah jalan protokol di wilayah hukum Polres Pariaman namun juga di lokasi objek wisata.

Sementara itu, Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Pariaman IPDA Rusli menjelaskan, pada operasi pihaknya mengutamakan pendekatan dialogis.

baca juga: Razia Balap Liar, Polres Pariaman Amankan 37 Unit Sepeda Motor

"Penindakan tidak terlalu banyak namun kami lebih pada pendekatan dialogis agar pengendara mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Dijelaskannya juga, pendekatan dialogis tersebut untuk menyadarkan pengendara agar mau membayar pajak dan melengkapi perlengkapan saat pengendara serta sadar akan pentingnya menggunakan masker.

Penulis: Rehasa | Editor: Rezka Delpiera