Ferizal-Nurkhalis Serahkan 19.020 KTP untuk Perbaikan Dukungan ke KPU, Maskar-Masril Menyerah

Ketua KPU Kabupaten Lima Puluh Kota, Masnijon.
Ketua KPU Kabupaten Lima Puluh Kota, Masnijon. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Dari dua bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nanti, hanya Ferizal Ridwan-Nurkhalis yang menyerahkan syarat dukungan perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah tersebut pada Senin, 27 Juli 2020.

Untuk bakal pasangan calon perseorangan lainnya atas nama Maskar M. Dt. Pobo-Masril tidak menyerahkan syarat dukungan perbaikan kepada KPU Kabupaten Lima Puluh Kota .

baca juga: Tidak Sesuai Aturan, Bawaslu Lima Puluh Kota Hentikan Dua Kampanye Calon Kada

Ketua KPU Kabupaten Lima Puluh Kota , Masnijon menyebut, sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020, batas akhir penyerahan syarat dukungan perbaikan oleh bakal pasangan calon perseorangan adalah Senin (27/7) pukul 23.59 WIB.

"Ada (yang menyerahkah syarat perbaikan dukungan) satu bakal pasangan calon saja, yaitu Ferizal-Nurkhalis," kata Masnijon melalui pesan singkat via WhatsApp, Selasa (28/7) pagi.

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Akan Tertibkan APK Paslon Pilkada

Sementara itu, Ferizal Ridwan menyebut, jumlah dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diserahkan pihaknya adalah sebanyak 19.020 dukungan dari kewajiban 12.278 dukungan.

"Kebutuhan kita itu sebanyak 6.139 dukungan, tapi sesuai aturan kita harus menyerahkan dukungan dua kali kebutuhan, yaitu 12.278 dan kami menyerahkan lebih banyak dari jumlah tersebut yaitu, 19.020 dukungan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," terang Ferizal.

baca juga: KPU Pasbar Imbau Paslon untuk Taati Aturan Selama Kampanye

Sesuai dengan PKPU, setelah bakal pasangan calon perseorangan menyerahkan syarat dukungan perbaikan, maka KPU Kabupaten Lima Puluh Kota akan melakukan verifikasi administrasi sampai dengan 4 Agustus 2020.

Setelahnya dilanjutkan dengan verifikasi faktual mulai 8 Agustus sampai dengan 16 Agustus, rekapitulasi dukungan hasil perbaikan tingkat kecamatan 17-19 Agustus dan terakhir rekapitulasi hasil perbaikan tingkat kabupaten akan dilaksanakan 22-23 Agustus 2020. (*)

baca juga: Cabup Petahana di Pasbar Janji Perbaiki Jalan jika Terpilih Jadi Bupati

Editor: Taufik Hidayat