Mahasiswa Baru PNP Ikuti PPKMB Secara Daring

PADANG, KLIKPOSITIF - Wabah pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Pokiteknik Negeri Padang (PNP) untuk menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020/2021.

Buktinya, Senin, 27 Juli 2020, PNP menggelar kegiatan PKKMB secara virtual . Kegiatan pengenalan kampus itu digelar hingga 30 Juli, dan diikuti oleh 453 mahasiswa baru yang diterima di PNP melalui jalur seleksi SNMPN.

baca juga: Penelitian: Suntik Vaksin Covid-19 Tidak Tingkatkan Resiko Keguguran pada Ibu Hamil

"PKKMB ini kami gelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, karena sedang pandemi. Dan kegiatan ibi sebelumnya juga sudah kami koordinasikan dengan Kemendikbud ," kata Wakil Direktur III PNP Junaldi kepada wartawan disela-sela pembukaan PKKMB.

Bagi mahasiswa baru yang tinggal di daerah yang sulit untuk mengakses internet, Junaldi mengatakan bahwa pihaknya telah menyarakan mahasiswa baru untuk mencari lokasi atau spotbyang memiliki jaringan internet yang sinyal bagus, apalagi kegiatan ini digekar dari pukul 08.00 WIB, sampai pukul 12.00 WIB.

baca juga: Vietnam Setuju Penggunaan Vakzin Asal Kuba

"Jadi, waktu 4 jam tentunya sangat memungkinkan bagi mahasiswa baru untuk dapat mengikuti PKKMB, terutama bagi mahasiswa yang saat ini masih berada di daerah yang jauh dari jangkauan internet," ujarnya.

Untuk pemateri sendiri, PNP menghadirkan Komandan Secata B Padang Panjang, Kepala Kanwil Pertahanan RI, Wali Kota Padang, Polda Sumbar dan Kepala BPBD Sumatera Barat. "Selain itu pematerinya juga dari unsur pimpinan PNP dan ormawa dari PNP sendiri,"imbuhnya.

baca juga: PNP Serahkan Bantuan Modul PLC untuk SMK Dhuafa Padang

Selain sigekar secara virtual , Junaldi menambahkan bahwa pihaknya juga akan menggelar kegiatan visit ke kampus . Dan tentunya, dalam masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya akan menerapkan prokol kesehatan, seperti mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan masker dan jaga jarak selama visit berlangsung.

"Kemudian, kami juga akan mengecek suhu tubuh masing-masing mahasiswa baru yang melakukan visit dan mem inta agar mahasiswa baru untuk tidak melakukan kerumunan selama viait di kampus ," tuturnya.

baca juga: Cegah Penularan Covid-19, PLN UP3 Padang Kembali Adakan Vaksinasi

Sementara itu Wakil Direktur I PNP Revalin mengatakan mahasiswa baru tersebut akan memulai perkuliahan pada 14 September mendatang. Untuk perkuliahan sendiri akan memakai sistem daring.

"Kecuali untuk kuliah praktek yang memang harus langsung dan tidak bisa diwakilkan harus dilakukan dengan tatap muka di labor kampus ," kata Revalin.(*)

Editor: Riki