Pandemi Covid-19, Kampung Cyber Koto Lalang Sediakan Internet Gratis untuk Siswa Belajar Daring

Sejumlah siswa SD di Koto Lalang belajar daring di Kampung Cyber Koto Lalang
Sejumlah siswa SD di Koto Lalang belajar daring di Kampung Cyber Koto Lalang (Ist/Datuk Fajri)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Dampak pandemi Covid-19 membuat para pelajar harus melaksanakan aktifitas belajar dan mengajar secara daring dari rumah. Dan tentunya, penggunaan handphone berbasis android yang didukung oleh paket data internet menjadi kebutuhan bagi pelajar.

Bahkan dampak dari keharusan tersebut, juga membuat para orangtua atau walimurid mengalami kesulitan, terutama bagi orangtua kurang mampu, karena mereka harus memenuhui kebutuhan paket data internet dalam mengakses aplikasi Zoom untuk belajar secara daring.

baca juga: Jalan Tol Pekanbaru--Dumai Diresmikan Presiden, Semen Padang Bangga Telah Berkontribusi

Untuk meringankan beban orangtua atau walimurid dalam memenuhui kebutuhan oaket data internet, Lurah Koto Lakang berkerjasama dengan Forum Nagari Koto Lalang melalui Kampung Cyber Koto Lalang , membuat terobosan baru berupa pelayanan intetnet gratis bagi para pelajar untuk belajar secara daring.

Lurah Koto Lalang Syafardi mengatakan bahwa terobosan berupa pelayanan internet gratis untuk pelajar diberikan, karena Koto Lalang merupakan satu-satunya Kampung Cyber di Kota Padang yang mendapat fasilitas WiFi gratis dari Dinas Kominfo Kota Padang.

baca juga: Agam Tambah 21 Pasien COVID Hari Ini

"Dalam masa pandemi ini, pihak sekolah mengeluarkan aturan belajar secara daring. Dan tentunya, beberapa orangtua, khususnya yangbkurang mampu, tentu ini menjadi kesulitan. Makanya kami dari kelurahan bersama Forum Nagari Koto Lalang memberikan pelayanan intetnet gratis melalui WiFi," katanya, Rabu, 29 Juli 2020.

Sementara itu, Ketua Forum Nagari Koto Lalang Syahrul Tanjung mengatakan bahwa selain intetnet gratis, pihaknya juga menyedian meja dan kursi bagi para pelajar untuk belajar daring. Namun begitu, jumlah yang disediakan masih terbatas dan Ia lun berharap agar internet gratis ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mendukung belajar daring.

baca juga: Sekwan DPRD Solsel Sebut EST Tidak Hadir saat Kunker ke DPRD Sumbar

"Jangan gunakan untuk hal lain. Kemudian kepada orangtua atau walimurid, khususnya siswa SD dan SMP, kami pun meminta agar ikut serta mendampingi anak-anaknya selama belajar daring, termasuk mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan internet. Jangan sampai anak-anak mereka mengakses situs-situs orang dewasa," ujarnya.

Kampung Cyber Koto Lalang ini, kata Syahrul Tanjung melanjutkan, merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari yang didukung oleh PT Semen Padang dan Politeknik Negeri Padang. Kampung Cyber ini didirikan tahun 2017 lalu dan diinisiasi oleh Yuhefizar, Dosen Politeknik Negeri Padang.

baca juga: Pegawai Setda Serta Dinas Pariwisata Solsel Jalani Tes Swab

" Kampung Cyber Koto Lalang ini juga memiliki website bernama kotolalang.com. Website ini selalu kami update. Setiap ada kegiatan di Kelurahan Koto Lalang kami beritakan melalui website kotolalang.com melalaui beberapa anak muda Karang Taruna Koto Lalang ," bebernya.

Inisator Kampung Cyber Koto Lalang Yuhefizar menambahkan, sejak Kampung Cyber didirikan, telah banyak kegiatan yang telah dilakukan. Mulai dari pembenahan jaringan, membuat aplikasi-aplikasi, termasuk menyiapkan SDM untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Harapannya, Kelurahan Koto Lalang bisa menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain, khususnya di Sumatera Barat dalam pemanfaatan IT.(*)

Editor: Riki Suardi