Pengurus Pokdarkamtibmas Sumbar Dikukuhkan, Siap Meminimalisir Tindak Kejahatan

Pengukuhan Pengurus Pokdarkamtibmas Sumbar
Pengukuhan Pengurus Pokdarkamtibmas Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengurus Kelompok Sadar Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtimbas) Sumatera Barat (Sumbar) dikukuhkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto di ball room Hotel Mercure Padang, Rabu (29/7/2020). Pengurus yang dilantik tersebut diantaranya yakni, Ketua Triski dan Sekretaris Mahdiyal Hasan.

Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar, Triski didampingi Wakil Bendahara Dennis Saputra mengatakan, total pengurus Pokdar Kamtibmas Sumbar yang dikukuhkan ada sekitar 70 orang.

baca juga: Siswa Bengkel Literasi Rakyat Sumbar Berbagi di SMA SIMA

Dia menambahkan, sesuai fungsi pihaknya ke depan akan berupaya untuk mencegah dan memberikan penyelesaian masalah yang timbul di tengah masyarakat.

"Contohnya seperti masalah narkoba dan curanmor yang tengah marak-maraknya sekarang, akan kami beri edukasi ke masyarakat. Dengan begitu tindak kejahatan akan diminimalisir dan tercipta keamanan dan ketertiban," katanya.

baca juga: H. Daswippetra Pimpin Porlempika Sumbar

Triski menyampaikan, usai pengukuhan Pokdarkamtibmas Sumbar, selanjutnya akan menyusul pelantikan dan pengukuhan Pokdarkamtibmas tingkat kabupaten dan kota se-Sumbar.

"Tingkat kabupaten dan kota hampir rampung kepengurusannya. Tinggal pelantikan saja lagi. Saya berharap Pokdarkamtibmas ini bisa berfungsi dengan baik untuk masyarakat," ujarnya.

baca juga: HUT ke-23, Padang Ekspres dan Dinas Perdagangan Gelar Pasar Murah

Sekretaris Pokdarkamtibmas Sumbar Mahdiyal Hasan mengatakan, kehadiran Pokdarkamtibmas murni untuk kepentingan bersama dan lahir secara sukarela. "Seperti contohnya untuk anggaran pelaksanaan pengukuhan Pokdarkamtibmas ini dan kegiatan bakti sosial lainnya murni Susu Sapi atau sukarela tanpa intimidasi," kata Mahdiyal.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, dalam upaya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif sejatinya diperlukan jumlah anggota Polri yang sebanding dengan jumlah masyarakat atau 1:300 dengan pengertian 1 polisi memberikan pelayanan maksimal kepada 300 masyarakat.

baca juga: Andre Rosiade Apresiasi Kemenhub Kembangkan Kereta Api di Kota Padang

"Namun jumlah yang demikian sampai sekarang masih belum terpenuhi, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif tersebut," katanya.

Ia berharap, dengan terbentuknya Pokdarkamtibmas Sumbar, kehadirannya dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang permasalahan kamtibmas mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata serta sosialisasi tentang peraturan perundang-undangan lainnya," ucapnya.

Editor: Muhammad Haikal