Bertambah Satu, Total Positif COVID-19 di Kabupaten Solok Jadi 13 Kasus

Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam
Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam (Ist)

KABUPATEN SOLOK , KLIKPOSITIF - Kabupaten Solok terus mencatatkan penambahan kasus positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Kamis (30/7/2020), terdapat 1 penambahan kasus positif baru.

"Hari ini, terdapat penambahan satu kasus baru yakni warga Saok Laweh, Kecamatan Kubung yang bekerja sebagai ASN di Kota Solok," ungkap Jubir tim percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Solok , Syofiar Syam.

baca juga: Tolak Dinyatakan TMS, Iriadi : Tanding Jalan Kaki Dari Solok ke Padang Saya Sanggup

Terhadap kasus baru tersebut, Tim Surverylans Kabupaten Solok tengah melakukan tracking dan tracing terhadap kontak erat di lingkungan tempat tinggal pasien 013 Kabupaten Solok .

Dengan penambahan satu kasus baru tersebut, hingga kini di kabupaten Solok terdapat 13 kasus terkonfirmasi Positif COVID-19. Dari jumlah kasus itu, tiga orang diantaranya meninggal dunia.

baca juga: KPU Kabupaten Solok Tetapkan Nomor Urut Paslon Peserta Pilkada 2020

Sementara itu, tujuh orang dinyatakan sudah sembuh, dua orang masih menjalani karantina secara mandiri dan satu orang masih menjalani perawatan di Semen Padang Hospital.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap memprioritaskan pelaksanaan protokol kesehatan dalam masa kenormalan baru. Salah satunya pada momen hari raya Idul Adha dan pelaksanaan ibadah kurban.

baca juga: Pasangan Iriadi - Agus Syahdeman Ajukan Gugatan ke Bawaslu Kabupaten Solok

"Salat Idul Adha diperbolehkan di daerah dengan kategori aman, dengan mempersiapkan petugas kesehatan dan alat ukur suhu tubuh, melakukan desinfeksi tempat, menyediakan fasilitas cuci tangan, dan menjaga jarak aman," terangnya.

Dalam pelaksanaan salat, dianjurkan untuk dipersingkat tanpa meninggalkan syarat dan rukun salat Idul Adha, dan dilarang menjalankan kotak infak dengan cara digeser keliling.

baca juga: Minus Iriadi - Agus, KPU Tetapkan Tiga Paslon di Pilkada Solok 2020

"Begitu juga dengan ibadah kurban, tetap menjaga jarak, aktivitas pemotongan hanya dihadiri oleh panitia dan petugas, sementara untuk pengambilan warga harus pakai masker, petugas kurban harus steril dari kemungkinan virus COVID-19," Tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi