Penangkapan Djoko Tjandra, Polri Libatkan Kepolisian Diraja Malaysia

Petugas kepolisian membawa buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra yang ditangkap di Malaysia setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/7/2020)
Petugas kepolisian membawa buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra yang ditangkap di Malaysia setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/7/2020) (Suara.com/Angga Budhiyanto)

KLIKPOSITIF - Kepolisian Republik Indonesia akhirnya bisa membawa pulang buronan hak tagih atau cessie Bank Bali Djoko Tjandra dari persembunyiannya di Malaysia. Buronan kelas kakap itu tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dengan pengawalan tim Bareskrim Polri, Kamis (30/7/2020) malam.

"Baru saja kami Bareskrim Polri menjemput Djoko Tjandra dari Malaysia. Tentu ini menjawab keraguan publik selama ini, apakah Polri bisa menangkap," kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo di Bandara Halim Perdanakusuma, yang dikutip dari suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com.

baca juga: Kapolda Sumbar Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah IV

Dia menuturkan, sepekan belakangan ini publik dihebohkan dengan pemberitaan kasus buronan Djoko Tjandra yang bebas melenggang keluar masuk Indonesia.

Hal itu menjadi perhatian Presiden Joko Widodo dan memerintahkan Kapolri untuk memburu dan menangkap buronan kelas kakap itu.

baca juga: COVID-19 Terus Meningkat, Polres Tanah Datar Bagikan Ratusan Masker ke Pengunjung Pasar

"Bapak Presiden memerintahkan untuk mencari keberadaan Djoko Tjandra di mana pun berada dan segera ditangkap, sehingga semua menjadi jelas. Atas perintah itu bapak Kapolri membentuk tim khusus yang kemudian secara intensif mencari Djoko Tjandra ," ujarnya.

Dalam pencarian, Polri mendapat informasi Djoko berada di Malaysia.

baca juga: Wujudkan Komitmen Dalam Melayani Masyarakat, Polres Payakumbuh Tingkat Layanan Satu Atap

Kemudian Polri menindaklanjuti kerjasama dengan Kepolisian Diraja Malaysia. Kemudian Kapolri mengirimkan surat ke Kepolisian Diraja Malaysia untuk pencarian.

"Alhamdulilah tadi siang kami mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan bisa diketahui keberadaannya.

baca juga: Mobil Kecelakaan di BIM Disebut Hasil Curian, Ini Penjelasan Polisi

Oleh karena itu tadi sore kami dari Bareskirm dan tim khusus bersama Kadiv Propam berangkat untuk melakukan pengambilan Djoko Tjandra ," pungkasnya.

Editor: Haswandi