Aplikasi Paduko Siap Melayani Pengurusan Adminduk Warga Padang Panjang

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang melalui Disdukcapil telah menyiapkan aplikasi PADUKO yang bisa diunduh melalui Playstore. Masyarakat, dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan diminta untuk menyerahkan nomor handphone dan alamat email.

"Setelah dokumen selesai diproses oleh petugas, notifikasi akan masuk ke email yang bersangkutan berupa informasi dokumen kependudukan seperti nama lengkap, nomor dokumen dan PIN. Untuk melakukan pencetakan, tekan tombol dokumen dan otomatis langsung menuju ke alamat pencetakan dokumen, masukan nomor PIN, isikan Captcha kemudian klik tombol masuk, dokumen kependudukan siap untuk dicetak," sebut Maini tentang cara pencetakan dokumen kependudukan.

baca juga: Kapolda: Pokdar Mitra Polri Wujudkan Kamtibmas

Disampaikannya, berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) sementer II Tahun 2019 yang diterbitkan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI sebagai hasil pelayanan dokumen kependudukan Disdukcapil Kota Padang Panjang , dari 58.140 jiwa penduduk Kota Padangpanjang yang telah memiliki Akta Kelahiran sebanyak 49.765 (85,59 %), dimana kepemilikan Akta Kelahiran dari 0-18 tahun sebanyak 19.491 (97,03%).

Untuk kepemilikan KTP elektronik sebanyak 39.666 (99,21%) dari wajib KTP elektronik sebanyak 39.981 jiwa. Begitupun dengan kepemilikan Kartu Keluarga (KK) sebanyak 16.064, atau telah mencapai 100 persen dari penduduk di Kota Padang Panjang .

baca juga: Kerjasama dengan BPJS, PWI Padang Panjang Bagi-bagi Masker Gratis

"Sesuai dengan Perda Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan sebagai pengganti Perda Nomor 17 Tahun 2009, telah dilakukan penyederhanaan pelayanan tentang pengurusan administrasi kependudukan dan pemangkasan 23 jenis layanan kependudukan. Masyarakat cukup hanya membawa KK dan pengantar dari perangkat RT dan diketahui pihak kelurahan, bisa langsung mengurus administrasi kependudukan ke Disdukcapil," ungkap Maini. (rj)

Editor: Rezka Delpiera