Tahun Ini, Hewan Kurban di Pessel Berkurang

ilustrasi
ilustrasi (net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mencatat jumlah hewan kurban yang disembelih pada Iduladha tahun ini, berkurang dari tahun sebelumnya.

Sekretaris Disnakkeswan Pessel , Yosro menyebutkan, jumlah itu terpantau berkurang sesuai dengan peristiwa penyembelihan hewan kurban di daerah itu. Tahun lalu, sebanyak 4.050 ekor, tahun ini hanya 3.777 ekor.

baca juga: Cuti Masa Kampanye, Dua Petahana di Pessel Resmi Tinggalkan Rumah Dinas

"Jadi ada sekitar 279 ekor, dan itu tercatat seluruh jenis. Dintaranya dari sapi jantan dan kerbau," terangnya kepada KLIKPOSITIF , Senin 3 Agustus 2020.

Data Disnakkeswan, penyembelihan hewan kurban dari sapi jantan tahun ini tercatat sebanyak 3.280 ekor. Sapi betina 219 ekor, kambing 253 ekor dan kerbau 25 ekor. Sedangkan tahun lalu, sapi jantan 3593 ekor, sapi betina hanya 115 ekor, kambing 250 ekor, dan kerbau 62 ekor.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Ada peningkatan dari betina tidak produktif dan kambing jantan. Tapi, jumlah tidak dominan. Sehingga, tetap kurang dari tahun lalu," terangnya lagi.

Kendati demikian, Yosro tidak menjelaskan detail penyebab berkurang jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini. Namun, hanya saja jika dikalkusikan itu terpantau dari jumlah permintaan hewan kurban dari daerah itu.

baca juga: TPU Bungus Masih Mampu Menampung 500 Jenazah Covid-19

"Ya, karena permintaan berkurang. Jadi kalau permintaan berkurang, tentu jumlah penyembelihan juga berkurang," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani