Kuota PNS Terbatas, Irwan Prayitno: Tamatan Perguruan Tinggi Bentuk Usaha!

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki banyak perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Kedepan, persaingan antar perguruan tinggi ini semakin ketat.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kehadiran perguruan tinggi merupakan modal dalam meningkatkan sumberdaya manusia Sumbar dan tentu saja peluang kuliah semakin terbuka.

baca juga: Salut Kinerja Penanganan COVID-19 di Sumbar, Staf Khusus Jokowi Kunjungi Gubernur

"Persaingan antar perguruan tinggi akan semakin ketat dan kompetitif. Diharapkan perguruan tinggi mampu melahirkan tamatan yang berkulitas dan bermutu," ujarnya, Selasa, 4 Agustus 2020.

Menurutnya Irwan, ada tamatan perguruan jadi pengangguran karena mereka kurang berkualitas baik segi kemampuan juga kurang kreatif dan inovatif dalam menyikapi perkembangan kemajuan teknologi informasi.

baca juga: Gubernur Sumbar Lantik Delapan Penjabat Sementara Bupati dan Wali Kota

Dia berharap setiap perguruan tinggi memiliki banyak cara meningkatkan kualitas mahasiswanya.

"Persaingan dan kuota PNS sangat terbatas, seleksi amat ketat. Tentu inovasi dan para tamatan dari perguruan tinggi dapat melihatkan kesempatan lain dalam bentuk usaha dan kreativitas," katanya.

baca juga: Irwan Prayitno: Sumbar Satu-satunya Provinsi WTP 8 Kali Berturut-turut dan Lahirkan Perda COVID-19 Pertama di Indonesia

Editor: Joni Abdul Kasir