Tim Fakhrizal - Genius Umar Serahkan Berkas Perbaikan Permohonan Sengketa ke Bawaslu Sumbar

Fakhrizal dan Genius Umar
Fakhrizal dan Genius Umar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kuasa Hukum Tim Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan Fakhrizal - Genius Umar , Virza Benzani mengatakan, pihaknya telah melengkapi berkas perbaikan permohonan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar.

"Yang kita lengkapi dari permohonan sebelumnya yakni daftar dari surat bukti yang kita sampaikan. Tadi juga sudah kita masukkan alat bukti yang lain dan kita siapkan dengan daftar," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Selasa (4/8/2020).

baca juga: Wakil Ketua DPR Berharap Hal Ini dalam Pilkada Serentak 2020

Virza mengaku, memang dalam permohonan sebelumnya, terdapat ada yang salah dalam pengetikan, namun sudah dibetulkan saat ini. "Selain itu, kita mempertajam dalil-dalil yang berkaitan dengan alasan kita untuk mengajukan permohonan penyelesaian sengketa di Bawaslu," ujarnya.

Virza melanjutkan, berkas tersebut sudah diterima oleh Bawaslu Sumbar dengan diberikan berita tanda terima dokumen. "Bawaslu sudah terima, setelah ini lengkap semua, dan besok komisioner Bawaslu akan pleno-kan dan nanti akan diberitahu nomor register perkara, dan setelah itu dijadwalkan kapan mulai persidangan, kalau mereka katakan musyawarah sengketa," ujarnya lagi.

baca juga: KPU Pessel Minta Paslon Segera Serahkan Rekening Dana Kampanye

Ia menegaskan, dari tim Fakhrizal -Genius optimis bahwa permohonan sengketa akan dikabulkan.

Terpisah, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Elfitrimen mengatakan, terkait penyerahan perbaikan permohonan sengketa oleh tim Fakhrizal - Genius Umar , Bawaslu akan melakukan rapat pleno, paling lambat akan selesai besok.

baca juga: Jadi Cagub Pertama Asal Pessel, Rang Pasisia Diimbau Menangkan NA-IC di TPS

"Di rapat pleno yang dibahas terkait dengan pemenuhan syarat formil dan materil berdasarkan perbaikan permohonan. Jika tidak terpenuhi, permohonan tidak bisa ditindaklanjuti," katanya.

"Besok ketetapan bisa ditindaklanjuti atau tidak. Kalau terpenuhi artinya di register permohonannya. Kalau tidak tidak bisa ditindaklanjuti," pungkasnya kemudian.

baca juga: Audy Joinaldy Silaturahmi ke Rumah Ismael Koto, Saling Bertukar Pikiran Jelang Pilkada 2020

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur Sumbar jalur perseorangan Fakhrizal dan Genius Umar menyatakan, menolak hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Provinsi Sumbar yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar di Hotel Pangeran Beach Padang, Kamis (23/7/2020) lalu. Ia juga menegaskan, tidak akan mengantarkan perbaikan syarat dukungan yang akan ditutup pada Senin (27/7/2020) pukul 24.00 WIB ke KPU Sumbar.

"Kami menolak hasil rekapitulasi Bapaslon independen karena KPU Sumbar sebagai penyelenggara tidak mampu menanggapi 6 poin keberatan yang sudah kami sampaikan," katanya di Posko Relawan Fakhrizal - Genius Umar , Jalan Raden Saleh, Padang, Senin (27/7/2020).

Fakhrizal menambahkan, pertama, enam poin keberatan tersebut diantaranya, adanya formulir verifikasi dukungan pasangan calon dengan mempergunakan form yang tidak diatur dalam peraturan pemilihan atau tidak memiliki dasar hukum, yaitu lampiran form B.A.5-1 KWK.

Editor: Muhammad Haikal