Pilkada Solsel, Jon Matias-Jufrial Yakin Bisa Lolos dari Jalur Perseorangan

Pasangan Balon Bupati Solsel Jalur perseorangan Jon Matias-Jufrial
Pasangan Balon Bupati Solsel Jalur perseorangan Jon Matias-Jufrial (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan dari Jon Matias-Jufrial mengungkapkan keyakinannya bisa lolos dari jalur perseorangan.

Jon Matias mengatakan sistem verifikasi faktual dukungan perbaikan yang diserahkan beberapa waktu lalu sedikit menguntungkannya dibandingkan dengan sistem verifikasi faktual sebelumnya.

baca juga: Peserta Pilkada Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan, Ini Langkah yang Akan Diambil Bawaslu Solsel

"Sekarang kami bersama tim bisa lebih aktif dan memastikan petugas KPU benar-benar mendatangi pendukung kami untuk diverifikasi faktual," kata Jon Matias

Dia menjelaskan sebelumnya pihak KPU melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi pendukung sesuai alamat, jika tidak ditemukan baru pihak KPU memberitahukan ke penghubung.

baca juga: Sekwan DPRD Solsel Sebut EST Tidak Hadir saat Kunker ke DPRD Sumbar

"Kalau sekarang kami kumpulkan dulu pendukung di satu tempat di setiap Nagari, baru pihak KPU mendatangi tempat tersebut untuk melakukan verifikasi faktual," katanya.

Dia menghimbau pendukungnya agar bisa hadir pada saat petugas KPU Solsel melakukan verifikasi faktual pada tanggal 8-16 Agustus mendatang.

baca juga: Pegawai Setda Serta Dinas Pariwisata Solsel Jalani Tes Swab

"LO di setiap jorong sudah dihubungi dan mereka bersama pendukung telah siap untuk diverifikasi faktual," katanya.

Komisioner KPU Solsel Divisi Teknis Wilson Chaniago mengatakan syarat dukungan perbaikan pasangan Jon Matias-Jufrial yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi untuk dilanjutkan ke verifikasi faktual sebanyak 6.373 dukungan.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Wilson mengungkapkan sebelumnya pasangan Jon Matias-Jufrial juga telah mengantongi dukungan yang telah dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 7.466 dukungan.

"Untuk mencukupi syarat minimal dukungan pencalonan sebanyak 11.417 dukungan, pasangan ini masih kekurangan 3.951 dukungan lagi," jelasnya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi