Pemprov Sumbar Tanggung Biaya Swab Orang Keluar Masuk Sumbar, Ini Kategorinya!

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan, pemerintah provinsi akan memfasilitasi tes swab bagi orang yang ke luar masuk Sumbar dengan catatan yang bersangkutan terindikasi.

"Kita memang mewajibkan orang yang ke luar masuk Sumbar untuk mengantongi surat aman Covid-19," kata Nasrul Abit , saat dihubungi KLIKPOSITIF , Rabu (5/8).

baca juga: Agam Tambah 16 Kasus COVID-19 Hari Ini, Pasien Tersebar di 6 Kecamatan

Na menjelaskan, terkait biaya swab bagi pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan yang lainnya difasilitasi oleh lembaga tempat mereka bekerja masing-masing.

"Untuk masyarakat yang terindikasi kita gratiskan, tapi tidak semua orang yang masuk ke Sumbar kita gratiskan," ulasnya.

baca juga: Epidemiolog Sebut Jika Mobilitas Warga Tak Distop, Ini yang Terjadi

Sebelumnya, Nasrul Abit mengatakan melihat terjadinya peningkatan jumlah Kasus Covid-19 di Sumbar pemerintah provinsi mengeluarkan aturan bahwa bagi masyarakat yang ke luar masuk Sumbar harus memiliki surat aman Covid-19.

Beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus yang cukup tinggi dan muncul klaster dari tempat kerja yang didominasi ASN, tenaga kesehatan, pegawai BUMD, BUMN dan kampus positif COVID-19.

baca juga: Dua Pegawai Puskesmas Lubuk Kilangan Positif COVID-19, Layanan Kesehatan Dipastikan Tidak Terganggu

"Cek kesehatan bisa melalui pemeriksaan kesehatan rapit test dan swab agar diketahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus, selain itu juga agar cepat dilakukan tindakan penanganan kasus COVID-19," kata dia. (*)

[Hms-Sumbar]

baca juga: Jadi Cagub Pertama Asal Pessel, Rang Pasisia Diimbau Menangkan NA-IC di TPS

Editor: Joni Abdul Kasir