Kontak Erat Dengan Pasien Positif Kluster Bank Nagari, 24 Warga Sutera Pessel Dikarantina

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pessel, Rinaldi
Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pessel, Rinaldi (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Sebanyak 24 orang warga Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menjalani karantina COVID-19, karena terkonfirmasi kontak erat dengan pasien positif COVID-19 kluster Bank Nagari Cabang Padang.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pessel, Rinaldi mengungkapkan, dari ke 24 orang teraebut, saat ini sebanyak 23 orang menjalani karantina di Rusunawa Painan, dan satunya lagi menjalani isolasi mandiri sesuai permintaan bersangkutan.

baca juga: Google Maps Ciptakan Fitur Baru Tampilkan Informasi Seputar COVID-19

Ia menjelaskan, 24 warga tersebut dikarantina menjelang hasil sampel swab yang diambil diumumkan. Ke 24 mereka terkonfirmasi kontak erat dengan pasien kluster Bank Nagari Cabang Padang, setelah pasien sempat pulang tanggal 30 dan 31 Juli 2020 lalu.

"Pasien tersebut dinyatakan positif tanggal 2 Agustus kemarin, dan tercatat sebagai kasus positif Kota Padang, kini sudah menjalani karantina di BPSDM Padang Besi,"ungkapnya melalui siaran pers yang dibagikan, Kamis 6 Agustus 2020.

baca juga: Perbincangan Presiden Jokowi dengan Dokter Paru Terpapar COVID-19

Sejauh ini, Rinaldi belum menjelaskan secara rinci tentang profesi bersangkutan di Bank Nagari Cabgang Padang. Hanya, sejauh ia menjelaskan untuk keamanan dan efektifnya pengananan COVID itu, sudah dikarantina untuk mencegah penyebaran lebih jauh.

"Menjelang hasil swab keluar 23 orang dari 24 orang yang telah diambil sampel swabnya menjalani karantina di Rusunawa Painan. Satunya lagi, menjalani isolasi mandiri," terangnya.

baca juga: Hari Ini, Pessel Tambah Empat Kasus Positif COVID-19

Sementara dari informasi siaran pers yang dirangkum, tidak ada penambahan kasus untuk hari ini. Namun, dari perkembangan kasus positif saat ini, sudah tercatat 19 kasus.

Menurut penjelasannya, dari 19 pasien positif itu, diantaranya 17 orang dinyatakan sembuh, satu meninggal dunia dan satunya sedang menjalani isolasi nandiri.

baca juga: Ini Persyaratan Jika Ingin Pindahkan Jenazah COVID-19

"Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, berjumlah 19 orang. Dari 19 pasien positif tersebut, sembuh 17 orang, meninggal satu orang dan diirawat Isolasi mandiri satu orang," tutupnya.

Catatan Redaksi : Bagi anda warga Kabupaten Pesisir Selatan yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pesisir Selatan, di nomor 081266356199. Sedangkan Up date data COVID-19 di Pesisir Selatan, bisa dibuka di https://covid19.pesisirselatankab.go.id

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri