Hasil Tracing di Guguak Tinggi, 16 Orang Diswab

Ilustrasi Tes Swab
Ilustrasi Tes Swab (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabupaten Agam melakukan tracing terkait adanya tambahan sebanyak 7 pasien positif COVID-19 di Jorong Guguak Tinggi, Nagari Guguak Tabek Sarojo, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam .

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Agam Khasman Zaini mengatakan, hari ini sudah dilakukan pengambilan swab terhadap sejumlah orang yang diduga kontak dengan pasien-pasien tersebut.

baca juga: Google Maps Ciptakan Fitur Baru Tampilkan Informasi Seputar COVID-19

"Ada 16 swab yang dikirim ke labor. Besok informasinya tes swab akan tetap dilanjutkan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ungkapnya dikonfirmasi dari Bukittinggi, Kamis 6 Agustus 2020.

Ia mengatakan, untuk sementara Guguak Tinggi melakukan lockdown dengan membatasi akses keluar masuk agar penularan tak bertambah masif.

baca juga: Perbincangan Presiden Jokowi dengan Dokter Paru Terpapar COVID-19

"Dari 7 tambahan pasien itu, 5 diantaranya ingin diisolasi di rumah saja. Namun kita tetap upayakan mereka dirawat di Padang Besi," ungkap Khasman.

Sebelumnya, Kluster Guguak Tinggi seketika dalam 3 hari ini muncul dengan 12 pasien positif. Kasus ini berawal dari positifnya seorang perantau Bengkulu yang pulang ke kampung halamannya di Guguak Tinggi.

baca juga: Hari Ini, Pessel Tambah Empat Kasus Positif COVID-19

Dari pasien ini, kemudian dilakukan tracing dan hasilnya 4 orang keluarganya positif. Sebab pasien ini telanjur membaur dengan masyarakat, tes swab kembali dilakukan terhadap 27 warga.

Hasilnya kemarin, didapat 7 positif sehingga jumlah kasus di Guguak Tinggi menjadi 12, sementara total kasus penularan di Agam adalah 38 orang. Informasi yang berhasil KLIKPOSITIF himpun, salah satu diantara 16 orang yang mengikuti tes swab adalah Kapolsek IV Koto Iptu Dedi Kurnia.

baca juga: Ini Persyaratan Jika Ingin Pindahkan Jenazah COVID-19

Sementara, Wali Nagari Guguak Tabek Sarojo Nasdi Azid menyebut jumlah penduduk di Jorong Guguak Tinggi mencapai 2000an.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera