Besok, Bapaslon Fakhrizal-Genius Umar Sidang Musyawarah Perdana di Bawaslu

Fakrizal - Genius Umar
Fakrizal - Genius Umar (KLIKPOSITIF/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Besok, Jumat 7 Agustus 2020 pukul 02.00 WIB Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar akan melaksanakan musyawarah tertutup terkait permohonan sengketa yang disampaikan oleh pasangan calon Fakhrizal - Genius Umar .

"Kami sudah sampaikan pada kedua belah pihak, baik pelapor dan terlapor agar menghadiri agenda besok siang," kata Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Kamis 6 Agustus 2020.

baca juga: Fakhrizal Siapkan 17 Program Prioritas Bangun Sumbar

Sebelumnya tim pasangan calon Fakhrizal - Genius Umar sudah menyampaikan perbaikan berkas permohonan sengketa yang diajukan ke Bawaslu Sumbar. Dengan begitu permohonan tim dari Fakhrizal - Genius Umar ini suda teregister di Bawaslu dengan No 001/PS.REG/ 13/VIII/2020 pada Rabu 5 Agustus 2020.

"Dengan telah teregister, proses permohonan penyelesaian sengketa ini akan berlanjut kepada sidang musyawarah penyelesaian sengketa yang akan dilaksanakan besok," ulasnya.

baca juga: Fakhrizal Bertekad Patuhi Protokol Kesehatan Selama Kampanye Pilgub Sumbar

Surya Efitrimen mengatakan, setiap poin permasalahan yang menjadi sengketa oleh pihak Fakhrizal - Genius Umar akan dibahas secara detail dan sesuai aturan yang berlaku.

"Pokok-pokok sengketanya itu nanti akan terlihat dan dibahas dalam sidang musyawarah," tambahnya.

baca juga: Pemprov Sumbar Masih Menunggu SK Pjs, Kabiro Organisasi: Idealnya Hari Ini Sudah Dilantik

Genius Umar saat dihubungi mengatakan, siap untuk memperjuangkan suara masyarakat yang telah dipercayakan padanya dan Fakhrizal . Dia juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh KPU sangat merugikannya.

"Biar semua masyarakat tau bagaimana KPU bekerja, dan banyak kejanggalan yang kami dapatkan di lapangan," tuturnya.

baca juga: Dapat Nomor Urut 1, Mulyadi - Ali Mukhni: Itu Nomor yang Sempurna

Sementara itu, Kuasa Hukum Fakhrizal - Genius Umar , Virza Benzani mengaku akan melaksanakan semua proses yang ada di Bawaslu. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan keadilan karena merasa dirugikan oleh KPU Sumbar.

Ia juga mengatakan dalam sengketa ini, ada beberapa point yang menjadi pokok sengketa. Point tersebut tidak terlepas dari adanya lampiran Form BA 5.1-KWK dan TMS-nya dukungan dari pendukung yang tidak berhasil ditemui oleh petugas PPS.

"Adanya Form BA 5.1-KWK dan status pendukung yang TD jadi TMS. Termasuk ada beberapa poin tambahan lainnya," kata Virza.

Virza berharap seluruh point sengketa dari pihak Fakhrizal - Genius Umar dikabulkan. Pihaknya juga mengaku optimis seluruh poin sengketa yang disampaikan ke Bawaslu dikabulkan. Sebab, seluruh point tersebut adalah pelanggaran dan kelalaian yang dilakukan oleh KPU Sumbar.

Editor: Joni Abdul Kasir