Inginkan Hasil Berstandar Nasional, Koalisi Poros Baru Gunakan Lembaga Survei Eksternal

Gusmal, Saat Mendaftar ke Koalisi Poros Baru
Gusmal, Saat Mendaftar ke Koalisi Poros Baru (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Koalisi Poros Baru sudah membuka pendaftaran bagi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar. Pendaftaran tersebut dibuka sejak Kamis (6/8/2020) kemarin.

Dua tokoh Sumbar sudah dipastikan mendaftarkan diri yakni, Wali Kota Padang (2004 - 2014 ) Fauzi Bahar dan Bupati Solok saat ini, Gusmal.

baca juga: Erman Safar - Marfendi Sementara Unggul dalam Poling Pilkada Versi Medsos Kaba Bukittinggi

Perwakilan Koalisi Poros Baru, Afrizal mengatakan, setelah semua bakal calon yang mendaftar hingga Minggu (9/8/2020) nanti, selanjutnya partai koalisi (PKB Partai, Golkar dan Partai Nasdem), akan menerima informasi dari lembaga survei.

Ia menyebutkan, Koalisi Poros Baru memakai lembaga survei eksternal, agar hasilnya lebih akurat dengan tingkat kepercayaan yang lebih baik.

baca juga: Paslon di Lima Puluh Kota Punya Pengawal Pribadi

"Kita ingin standarnya nasional, setelah itu tidak ada rekayasa, dan tidak mengarahkan kepada siapa. Untuk lembaga surveinya, silakan tanya ke petinggi partai," katanya di Sekretariat Koalisi Poros Baru, Hotel Bumi Minang, Kamis (7/8/2020).

Selanjutnya akan ada pemaparan visi dan misi dengan standar survei tadi. Setelah itu akan ada rapat petinggi partai tingkat provinsi dan hasil itu dibawa ke DPP masing-masing.

baca juga: Peserta Pilkada Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan, Ini Langkah yang Akan Diambil Bawaslu Solsel

Ia menambahkan, pemaparan visi dan misi dijadwalkan Minggu kedua Agustus ini. Koalisi Poros Baru menjadwalkan semua selesai pada tanggal 26 Agustus 2020 nanti.

"Dari tanggal itu hingga waktu pendaftaran, calon yang diusung untuk road show ke kabupaten kota di Sumbar," ujarnya.

baca juga: Cegah Potensi Pelanggaran, Kontestan Pilkada di Bukittinggi Deklarasi Tolak Politik Uang

Afrizal melanjutkan, ia juga mendapat informasi, ada juga bakal calon yang sudah mendeklarasikan diri akan mendaftar juga ke koalisi ini. "Sejauh ini dengar kabar sudah, tapi konfirmasinya belum," tuturnya singkat.

"Kita tidak menutup kemungkinan, yang sudah mendeklarasikan tidak nyaman disana kami terima disini, pintu terbuka. Kita tunggusampai hari Minggu," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal