Viral Curhatan Tagihan Listrik Naik Jadi Belasan Juta, Biasanya Rp400 Ribu

Tagihan listrik mencapai Rp 19 juta.
Tagihan listrik mencapai Rp 19 juta. (Twitter/@ummudaardaa)

KLIKPOSITIF - Seorang warganet mengeluhkan kenaikan tagihan listrik yang keluarganya alami. Tidak tanggung-tanggung, ia mendapati biaya listriknya mencapai Rp 19 juta.

Warga pemilik akun Twitter @ummudaardaa ini kemudian menuliskan keluh kesahnya melalui sosial media dengan mencolek akun PLN .

baca juga: Alat Tes COVID-19 Cepat Seharga Rp74 Ribu Akan Dipasok ke Seluruh Dunia

Mulanya ia protes keras karena terkejut tagihannya melonjak drastis. Ia menjelaskan bahwa daya listrik di rumahnya 900 watt dan biasanya hanya menghabiskan Rp 400 ribu per bulannya.

Ia mengaku tidak pernah menunggak membayar listrik sehingga lonjakan tagihan itu terasa tidak wajar baginya.

baca juga: Cetak Gol Kemenangan Melawan Dinamo Zagreb, Witan Ungkap Rahasianya

Warganet ini memahami jika selama pandemi membuat aktivitas lebih banyak di lakukan di dalam rumah. Namun ia tidak menyangka jika kenaikan biayanya menjapai belasan juta.

"Mau selama WFH atau gimana paling naiknya 100-200 ribu. Ini kok bisa sampai 19 juta? yassalam," tulis dia dalam cuitan yang kini telah dihapus.

baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan Nyaris 1 Ton Ganja

Tak berapa lama setelah protes, pihak PLN akhirnya menghubunginya. Mereka kemudian bernegosiasi.

"Alhamdulillah tidak mesti menunggu lama ke hari Sabtu akhirnya pihak PLN mengunjungi tempat bekerja pemilik rumah dna langsung mengajak negosiasi. Intinya, tetap bayar yah walau dicicil. Sekian dan terima kasih," cuit akun itu mengakhiri utasannya.

baca juga: Survei BPS: Perempuan Lebih Patuh Protokol Kesehatan COVID-19

Kontan, pengakuan lonjakan tagihan listrik itu menghebohkan publik. Beberapa di antara warganet mengaku mengalami lonjakan tagihan listrik juga.

"Kita sama kak, tapi mungkin enggak separah kakak cuma tetap aja bagi rakyat jelata kayak saya ini bayarnya 3x lipat pengen nangis," komentar seorang warganet.

"Aku pernah begitu kejadiannya belum lama, tapi pas ketemu sama kepala kantor PLN setempat aku enggak diminta bayar kok, mereka yang akan tanggung biayanya..." cuit warganet lain.

"Halo kak, maaf kak kalau memang iya tagihan sampai nunggak 2 tahun. Jangan mau cicil 19 juta ya kak. PLN hanya bisa menagihkan maksimal 6 bulan dari bulan ini. Ada kok di pasalnya PLN jika terjadi kurang tagih. Semoga clear kak case-nya," kata warganet menyarankan.

Penyebab Tagihan Listrik Anda Membengkak

Tagihan listrik yang membengkak tentu disebabkan oleh berbagai macam hal. Sayangnya, banyak orang yang seringkali tidak menyadari apa saja penyebab dari membengkaknya tagihan listrik tersebut. Untuk itu, berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

1. Lupa Mencabut Colokan yang Tidak Perlu

Meski terdengar sepele, tahukah Anda bahwa kebiasaan lupa mencabut colokan listrik menjadi salah satu penyebab utama mengapa tagihan listrik Anda membengkak. Terlebih jika hal ini Anda lakukan setiap hari. Pasalnya, arus listrik akan tetap berjalan saat kabel colokan masih menempel pada stop kontak, sekalipun sedang tidak Anda gunakan.

2. Menyalakan Lampu di Siang Hari

Penyebab sepele lainnya yang sering dilakukan adalah boros terhadap penggunaan lampu. Banyak dari Anda yang sering kali tetap menghidupkan lampu, meski hari sudah mulai siang. Hal ini tentu terbilang cukup sia-sia dan mubazir, pasalnya siang hari Anda bisa lebih memanfaatkan cahaya alami yang berasal dari matahari.

3. Menggunakan AC Secara Berlebihan

AC merupakan salah satu peralatan elektronik dengan konsumsi listrik yang sangat besar. Jika tidak digunakan secara bijak, AC memiliki peran yang sangat besar dalam membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mulai membatasi penggunaan dari AC. Nyalakan AC, jika memang dibutuhkan saja.

4. Sembarangan Memilih Mesin Cuci

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan mesin cuci dapat lebih maksimal, salah satunya yakni perihal kapasitas mesin cuci. Hindari memilih kapasitas mesin cuci yang melebihi kebutuhan Anda. Semakin besar kapasitas mesin cuci yang Anda miliki, membuat tagihan listrik di rumah Anda juga semakin besar.

5. Berlebihan Menggunakan Dispenser

Dispenser memang sangat memudahkan Anda yang membutuhkan air panas dalam waktu yang singkat. Namun bagi Anda yang ingin lebih menghemat penggunaan listrik, sebaiknya Anda mulai mengurangi penggunaan dari dispenser. Jika memang sedang tidak dalam kondisi terburu-buru, akan lebih baik jika Anda memanaskan air secara manual saat membutuhkan air panas. Meski memang membutuhkan waktu yang lebih lama, memasak air panas secara manual bisa menghemat tagihan listrik Anda.

6. Isi Kulkas Terlalu Penuh

Tahukah Anda bahwa konsumsi daya listrik yang dimiliki kulkas tergantung dari isi kulkas Anda, lho. Apabila kulkas dalam kondisi yang benar-benar penuh akan bahan makanan, hal ini akan membuat daya listrik yang dimiliki semakin besar saja.

Kondisi kulkas yang terlalu penuh, hanya akan membuat mesin bekerja dengan lebih keras untuk menyesuaikan suhu yang dibutuhkan. Secara tidak langsung, hal tersebut juga berdampak pada membengkaknya tagihan listrik Anda. Untuk menghindarinya, isi kulkas di rumah Anda dengan bijak, ya.

7. Sering Membuka-tutup Kulkas

Masih berbicara mengenai kulkas, kebiasaan buruk seperti membuka tutup pintu kulkas juga menjadi salah satu penyebab mengapa tagihan listrik rumah Anda bisa membengkak. Meski terdengar sangat sepele, membuka tutup pintu kulkas nyatanya memang menyedot listrik dengan jumlah yang cukup besar.

Pasalnya, setiap kali Anda membuka tutup kulkas, mesin akan selalu bekerja untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Bisa dibayangkan, betapa keras kinerja yang harus dilakukan mesin jika Anda terlalu sering membuka tutup pintu kulkas.

8. Menggunakan Water Heater Secara Berlebihan

Layaknya alat elektronik yang lain, water heater juga memiliki andil dalam mempengaruhi tagihan listrik di rumah Anda. Menggunakannya secara berlebihan tentu akan membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Untuk itu, sebaiknya Anda meminimalisir penggunaan dari water heater. Hindari juga memanfaatkan air hangat hanya untuk mencuci pakaian. Selain dapat membuat tagihan listrik membengkak, mencuci pakaian dengan air hangat hanya akan membuat pakaian menjadi lebih cepat rusak.

9. Salah Memilih Alat Setrika

Selain mencuci, setrika juga menjadi salah satu aktivitas harian yang dilakukan oleh setiap orang. Pastikan Anda tidak salah dalam memilih setrika yang akan digunakan di rumah. Pemilihan setrika yang salah hanya akan berdampak pada tagihan listrik Anda nantinya.

10. Membiarkan TV Menyala saat Tidur

Banyak dari Anda yang seringkali ketiduran dalam kondisi TV menyala, kan? Meski terkesan sepele, hal ini juga membuat aliran listrik menjadi boros, lho. Terlebih jika Anda melakukannya setiap malam.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda tidak lupa menyetel mode sleep pada TV Anda setiap menontonnya di malam hari. Dengan mengaktifkan mode ini, TV Anda nantinya bisa mati secara otomatis sesuai dengan timer yang telah ditentukan.

Editor: Eko Fajri