Wabup Tanah Datar Baronde Bersama Petani di Batu Taba

Wabup Zuldafri panen padi bersama petani Nagari Batu Taba
Wabup Zuldafri panen padi bersama petani Nagari Batu Taba (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Puluhan petani di Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar , Baronde (panen padi secara bergiliran) bersama Wakil Bupati Zuldafri Darma. Baronde merupakan tradisi turun temurun di Nagari Batu Taba saat memanen padi.

"Baronde sudah menjadi tradisi dari leluhur yang kita warisi dan harus dijaga, sekarang bagaimana kita dapat menyandingkan dengan kemajuan teknologi pertanian," ucap Wabup Zuldafri Darma di Batu Taba, Jumat 7 Agustus 2020.

baca juga: Geger di Batipuh Tanah Datar, Seorang Nenek Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Wabup menyebut salah satu visi misi pemerintah daerah menjadikan bidang pertanian jadi sektor unggulan pada 2021 dengan mengalokasikan anggaran untuk 500 hektare lahan.

"Sektor pertanian saat ini menjadi perhatian, mayoritas masyarakat di Tanah Datar bergerak di bidang pertanian, untuk itu ke depan pemerintah daerah akan berupaya memberi perhatian serius pada sektor pertanian ini," tutur Zuldafri.

baca juga: 15 Warga Tanah Datar Sembuh COVID-19, Terkonfirmasi Positif 182 Orang

Wali Nagari Batu Taba Desriyanto Bandaro Bungsu mengatakan saat ini masyarakat Nagari Batu Taba yang tergabung dalam Kelompok Tani Sawah Dalam melaksanakan panen raya mulai dari Ujung Rawang sampai Muaro.

"Panen ini patut disyukuri karena hasilnya sangat memuaskan dan tidak ada gangguan dari hama tikus dan penyakit lainnya," ucap Desriyanto.

baca juga: KPU Tanah Datar Tetapkan Nomor Urut, Paslon Berkomitmen Terapkan Protokol COVID-19

Koordinator BPP Kecamatan Batipuh Selatan Virda Yufanto Rajab mengatakan hasil panen di Nagari Batu Taba saat ini cukup meningkat berkat kekompakan petani yang sudah melakukan pola tanam padi serentak.

"Dengan pola pertanian tanam padi secara serentak, ini dapat menekan gangguan hama padi dan hasilnya juga jauh lebih meningkat. Panen di hamparan seluas lebih kurang 80 hektare ini hasil panen sudah di atas 7,5 ton per hektare," tutur Virda. (*)

baca juga: Ini Pasangan Calon yang Ditetapkan KPU Tanah Datar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera