Kurban Rendang Perdana Dinilai Sukses, Wako Payakumbuh Targetkan Lebih Banyak Sapi Tahun Depan

Rapat pembubaran panitia ASN Berkurban 2020 di ruang pertemuan Randang Balai Kota Payakumbuh, Jumat (7/8).
Rapat pembubaran panitia ASN Berkurban 2020 di ruang pertemuan Randang Balai Kota Payakumbuh, Jumat (7/8). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Tahun pertama digelarnya kegiatan Aparat Sipil Negara (ASN) berkurban dengan membagikan daging kurban dalam bentuk rendang kepada warga yang kurang mampu di Payakumbuh dinilai sukses.

Melihat kesuksesan itu, Wali Kota Payakumbuh , Riza Falepi menargetkan untuk memperbanyak sapi kurban yang disembelih pada lebaran Idul Adha tahun depan.

baca juga: Wako Payakumbuh Minta Pelaksanaan Pilkada Patuhi Maklumat Kapolri

"Tahun 2020 ini digelar perdana, baru lima ekor sapi yang disembelih dengan 35 peserta. Tahun 2021 diestimasi minimal 50 ekor sapi," kata Riza Falepi setelah dilakukan rapat pembubaran panitia ASN Berkurban 2020 di ruang pertemuan Randang Balai Kota Payakumbuh , Jumat (7/8).

Dari lima ekor sapi yang dipotong tersebut, total daging yang bisa direndang adalah sebanyak 107 Kg.

baca juga: Loka POM Payakumbuh Telah Laporkan 18 Toko Online yang Merugikan Konsumen

"Rendang rampung dalam kemasan, diperoleh 428 bungkus randang, masing-masing seberat 250 Gram," katanya.

Rendang dalam kesaman itu kemudian disalurkan kepada 288 kurang mampu di 46 kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh . Sementara sebanyak 140 bungkus lainnya diberikan kepada 35 peserta kurban.

baca juga: Angka Positif COVID-19 di Payakumbuh Terus Naik, Dalam Dua Hari Bertambah 10 Kasus

"Jadi masing-masing peserta kebagian 4 bungkus atau 1 Kg," katanya.

Sementara untuk bagian sapi lain yang tak bisa dijadikan rendang dibagikan langsung kepada 300 pegawai kontrak atau THL di sejumlah perangkat daerah dan warga sekitar lokasi rumah potong hewan (RPH). Penyembelihan dilakukan, di RPH Provinsi Sumbar di Kotopanjang Payobasung, Payakumbuh Timur.

baca juga: Ikut Panen Cabai, Wawako Payakumbuh Ajak Generasi Muda untuk Tidak Gengsi Jadi Petani

"Semangat ini harus dipelihara dan ditingkatkan. Sehingga eksistensi ASN di tengah masyarakat, kian dirasakan dalam berbagi kepada publik," terang Riza.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz selaku inisiator ASN berkurban meminta jajarannya di seluruh OPD untuk mulai memotivasi jajaran stafnya.

Dikatakannya, kegiatan ASN berkurban 2020 ini juga sudah dilaporkannya kepada Menteri Koperasi UKM, Menteri Pertanian, dan Menteri Perindustrian.

"Dua dari tiga menteri ini, sudah menjanjikan untuk ikut serta berkurban masing-masing satu sapi. Menteri saja di Jakarta sana mau ikut berpartisipasi. Masa kita, ASN di Payakumbuh minim kepersertaannya," terang Erwin. (*)

Editor: Taufik Hidayat