Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam
Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Seorang warga Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 ( COVID -19), Sabtu (8/8/2020).

Diketahui, wanita lanjut usia itu hendak berangkat ke Batam, kemudian dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Kemudian oleh petugas dilakukan tes swab.

baca juga: Pemkab Solok Jadikan Pariwisata Pilar Ekonomi Masyarakat

"Hasil yang kita terima dari laboratorium, yang bersangkutan dinyatakan positif COVID -19, dan sementara waktu diisolasi di rumah," ungkap Jubir tim percepatan penanganan COVID -19 Kabupaten Solok , Syofiar Syam.

Tim segera melakukan tracking dan tracing terhadap seluruh kontak erat dengan pasien. Dengan bertambahnya satu kasus, sampai saat ini total kasus positif di kabupaten Solok sudah 21 kasus.

baca juga: 165 Ribu Wisman Kunjungi Indonesia Sepanjang Agustus 2020, BPS: Bukan Liburan

Diterangkannya, dari 21 kasus positif tersebut, empat orang dinyatakan sembuh, tiga orang meninggal, dirawat sebanyak tujuh orang dan empat orang karantina mandiri.

Kasus positif Covid -19 kabupaten Solok tersebar di sejumlah kecamatan, diantaranya X Koto Singkarak, Kecamatan X Koto Diatas, Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Kubung, Kecamatan Lembah Gumanti.

baca juga: Timothy, Orang Pertama yang Sembuh dari HIV Meninggal akibat Leukemia

"Tambah satu pasien asal kecamatan Bukik Sundi, jadi sudah 6 kecamatan yang terpapar COVID -19, yang paling tinggi di kecamatan Kubung," terangnya.

Sehubungan dengan meningkatnya kasus COVID -19 di kabupaten Solok , tim gugus tugas meminta masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan .

baca juga: DPR Dorong KLHK Selesaikan Target Penetapan Kawasan Hutan

"Jaga jarak, Memakai masker dan membiasakan mencuci tangan pakai sabun, mari saling mengingatkan," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri