Ini Pesan Jokowi di Kongres Gerindra

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual di Kongres Luar Biasa Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Jokowi dalam sambutannya mengajak seluruh kader Gerindra bersama-sama berjuang keluar dari krisis wabah virus corona covid-19.

baca juga: Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat, Ini Cara Alami Mengatasi Jerawat

"Sebagai bangsa pejuang kita harus mampu mengatasi persoalan kita sendiri, dengan cara kita sendiri, dengan kemampuan kita sendiri, untuk mencapai kepentingan nasional mewujudkan tujuan besar bangsa kita Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya.

"Semangat inilah yang harus terus kita gelorakan saat menghadapi situasi yang sangat-sangat sulit ini," sambungnya.

baca juga: Simak Penjelasan Geolog UGM Ini Terkait Ramai Isu Gempa Besar dan Tsunami di Jawa

Jokowi mengatakan, dunia saat ini sedang mengalami krisis keuangan terburuk sejak depresi besar di 1930. Ia meminta masyarakat untuk bersyukur disituasi pandemi seperti saat ini.

"Di tengah situasi yang berat seperti ini kita wajib bersyukur, muncul semangat gotong-royong, saling membantu, saling berbagi beban antar berbagai elemen masyarakat," kata dia.

baca juga: WHO Peringatkan Jumlah Korban Pandemi Saat Ini Bisa Lebih Kecil dari Angka Sebenarnya

Jokowi melanjutkan, "Kita bersyukur muncul berbagai inovasi dari anak-anak bangsa untuk menciptakan berbagai produk di bidang kesehatan yang sebelumnya lebih banyak kita impor."

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan, dari situasi krisis ini, bisa memberikan banyak pelajaran.

baca juga: Alat Tes COVID-19 Cepat Seharga Rp74 Ribu Akan Dipasok ke Seluruh Dunia

Menurutnya, bukan hanya agar bisa keluar dari kondisi terburuk, tapi juga membuat berbagai transformasi lompatan kemajuan.

"Sebagai contoh ketahanan di bidang pangan, WHO telah memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 bisa berdampak kepada krisis pangan karena itu setelah menugaskan bapak prabowo sebagai menteri pertahanan untuk memperjuangkan cadangan strategis pangan nasional yang segera akan kita bangun di Kalimantan Tengah," tuturnya.

"Sehingga kita mampu memproduksi apa yg menjadi kebutuhan pangan kita memperkuat ketahanan nasional kita khususnya di bidang pangan," katanya lagi.

Terakhir, Jokowi mengigatkan bahwa Indonesia memiliki modal kuat untuk berdiri di atas kaki sendiri dengan melihat populasi 267 juta penduduk Indonesia dengan paling banyak usia produktif.

"Saatnya kita melihat apa saja yg menjadi kekuatan kita untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan."

Selain Jokowi, sebelumnya juga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan sambutannya secara virtual di KLB Partai Gerindra .

Sekjen Partai Gerindra , Ahmad Muzani mengatakan pelaksanaan KLB itu merupakan hasil kesepakatan dalam Rapimnas Gerindra pada 4 Juni lalu.

KLB diselenggarakan secara fisik dan virtual, mengingat waktu pelaksanaan di masa pandemi Covid-19.

"Agenda KLB akan membahas pertanggungjawaban DPP yang akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, sekaligus pengukuhan beliau sebagai Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ," kata Muzani dalam pernyataannya di akun Instagram Gerindra seperti dikutip Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Jumat (7/8/2020).

Muzani berujar, pengukuhan Prabowo menjadi Ketum sekaligus Ketua Dewan Pembina juga merupakan hasil dari Rapimnas.

Hasil tersebut menyatakan bahwa 34 DPD Partai Gerindra meminta kesediaan Prabowo untuk kembali memimpin Partai Gerindra lima tahun ke depan.

Editor: Eko Fajri