Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

Bendera Merah Putih
Bendera Merah Putih (Net)

KLIKPOSITIF - Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI yang diadakan pada 17 Agustus 2020 terasa berbeda dari sebelumnya. Sebab, tahun ini, masyarakat harus bergulat melawan pandemi COVID-19. Lomba Agustusan masa pandemi pun jadi hal yang sulit dilakukan.

Tapi, bukan berarti kemeriahan HUT ke-75 RI harus berakhir sepi. Anda bisa mengadakan lomba dengan cara alternatif tanpa harus berkerumun dan bisa dilakukan jarak jauh.

baca juga: Agam Tambah 16 Kasus COVID-19 Hari Ini, Pasien Tersebar di 6 Kecamatan

Nah, dengan cara ini, kegiatan 17 Agustus bisa dilaksanakan dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Berikut ini beberapa rekomendasi lomba Agustusan di tengah masa pandemi.

baca juga: DPR Uangkap Temuan Masih Adanya Pemotongan Dana BOS Madrasah

1. Lomba Menulis

Lomba menulis selain bermanfaat untuk mengajarkan peserta lomba membaca, menulis juga mengajarkan seseorang untuk meluapkan hasil pikirnya.

baca juga: Wakil Ketua DPR Berharap Hal Ini dalam Pilkada Serentak 2020

Alhasil, lomba menulis tak hanya sebagai bentuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia namun juga memberikan manfaat yang banyak untuk semua kalangan.

Anda bisa memberikan tema-tema lomba menulis yang selaras dengan HUT Kemerdekaan . Lalu, meminta peserta mengirimkan hasil karya melalui email.

baca juga: Epidemiolog Sebut Jika Mobilitas Warga Tak Distop, Ini yang Terjadi

2. Membuat dan Menghias Masker

Masker menjadi salah satu peralatan yang wajib dikenakan selama pandemi Covid-19. Maka dari itu, menghias dan membuat masker menjadi salah satu perlombaan yang bermanfaat dan pastinya seru.

Peserta bisa mengerjakan lomba ini di rumah lalu memotret hasil karya dan mengirimkannya ke pihak panitia. Dengan begini, perlombaan akan berjalan aman dan terbebas dari penularan Covid-19.

3. Membuat Video Cuci Tangan

Nah, jika sebelumnya anak-anak berlomba memasukan pensil dalam botol, kelereng, makan kerupuk. Di tengah pandemi, lomba mencuci tangan yang baik dan benar bisa jadi alternatif lomba yang apik untuk anak-anak dan remaja.

Mintalah peserta untuk memeragakan cuci tangan yang baik dan sesuai aturan kesehatan dalam bentuk video lalu mengunggahnya ke sosial media dengan menggunakan tagar alias hastag agar peserta yang ikut lebih mudah didata dan dilacak.

Itulah tiga rekomendasi lomba Agustusan masa pandemi yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa selalu melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak selama beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari Covid-19.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri