Riset Baru Ungkap Terserang Flu Biasa Bisa Latih Tubuh Hadapi Covid-19

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitisn baru mengungkapkan jika imun tubuh orang yang baru saja sembuh dari flu biasa sudah terlatih untuk mengenali virus Sars-Cov-2, pemicu penyakit Covid-19. Hasil riaet ilmuwan di Amerika Serikat yang terbit di jurnal Science itu menjabarkan bahwa sel-sel imun (yang dikenal sebagai sel T) yang sudah terlatih mengenali virus corona penyebab flu biasa, juga bisa mengenali bagian tertentu dari Sars-Cov-2.

Sel T bahkan bisa mengenali duri protein Sars-Cov-2 yang berfungsi untuk menempel dan memasuki sel-sel tubuh manusia, demikian dilansir Live Science Sabtu (8/9/2020). Sel-sel T juga mampu mengenali protein lain di bawah duri-duri protein tersebut.

baca juga: Agam Tambah 21 Pasien COVID Hari Ini

Para ilmuwan menduga kemampuan sel T untuk mengenali virus corona penyebab Covid-19 adalah alasan mengapa sejumlah orang yang positif terinfeksi tidak mengalami gejala yang parah. Tetapi mereka juga mewanti-wanti bahwa dugaan ini masih terlalu spekulatif dan butuh penelitian lebih lanjut untuk dibuktikan. Mereka belum bisa memastikan seberapa besar peran sel T dalam melawan Covid-19, karena sel tersebut hanya bagian kecil dari sistem imun tubuh manusia yang sangat kompleks.

"Kami sudah membuktikan bahwa, di beberapa orang, memori sel T tentang virus corona penyebab flu biasa bisa juga mengenali Sars-Cov-2 hingga ke struktur molekulnya," terang Daniela Weiskopf pemimpin studi yang bekerja di Intitut Imunologi La Jolla di California, AS.

baca juga: Sekwan DPRD Solsel Sebut EST Tidak Hadir saat Kunker ke DPRD Sumbar

Alessandro Sette, ilmuwan dari La Jolla yang juga terlibat dalam studi ini, mengatakan bahwa kemampuan sel T mengidentifikasi Sars-Cov-2 bisa berujung pada tingkat beragam level perlindungan terhadap Covid-19.

"Jika reaksi sel T kuat atau baik, maka orang yang terinfeksi Covid-19 mungkin akan memiliki peluang untuk memberikan perlawanan yang lebih kuat dan cepat," jelas Sette.

baca juga: Pegawai Setda Serta Dinas Pariwisata Solsel Jalani Tes Swab

Beberapa studi sebelumnya menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen orang yang belum pernah terpapar Covid-19, sel T mereka bisa mengenali virus Sars-Cov-2. Fenomena ini ditemukan di seluruh dunia, mulai dari Jerman, Belanda, Inggris, dan Singapura.

Para ilmuwan menduga bahwa sistem imun tubuh bisa mengenali virus corona penyebab Covid-19 karena sebelumnya pernah terinfeksi virus corona lain, khususnya yang menyebabkan flu biasa.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Adapun dalam studi ini para ilmuwan menganalisis darah orang yang dikumpulkan antara tahun 2015 sampai 2018, jauh sebelum Covid-19 pertama kali dilaporkan di Wuhan, China.

Sampel darah ini mengandung sel T yang bereaksi terhadap lebih dari 100 bagian virus Sars-Cov-2. Sel-sel T dalam darah itu juga bereaksi terhadap bagian-bagian yang sama pada empat jenis virus corona lain yang menyebabkan flu biasa.

"Studi ini menunjukkan bukti molekular langsung yang sangat kuat bahw sel-sel T bisa mendeteksi rangkaian yang sangat mirip antara virus corona penyebab flu biasa dan Sars-Cov-2," tegas Sette.

Editor: Ramadhani