Pemko Padang Panjang Akan Berlakukan Sekolah Tatap Muka

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Setelah melakukan kajian dan pembahasan panjang, Pemko Padang Panjang akhirnya memutuskan akan kembali memberlakukan proses belajar mengajar (PBM) tatap muka di sekolah.

"Insya Allah, secepatnya anak-anak akan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Saat ini, kami langsung turun ke sekolah-sekolah untuk mengetahui sejauh mana persiapan sekolah ketika diberlakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 ini. Bagaimana sistem pembelajarannya, jarak antara siswa, tempat pencuci tangan dan fasilitas lainnya," jelas Wako Padang Panjang Fadly Amran.

baca juga: Kapolda: Pokdar Mitra Polri Wujudkan Kamtibmas

Fadly Amran mengatakan persiapan matang sekaligus sesuai protap kesehatan tentunya menjadi hal prioritas sebelum belajar tatap muka dilaksanakan.

"Fasilitas serta mekanisme pendidikan yang kongkrit akan menjadi perisai peserta didik agar tidak tersentuh COVID-19. Saya tidak menginginkan ada kluster baru di sekolah nantinya," tegas Fadly Amran.

baca juga: Kerjasama dengan BPJS, PWI Padang Panjang Bagi-bagi Masker Gratis

Untuk menciptakan kondisi aman bagi siswa, Fadly Amran menekankan pihak sekolah untuk mengatur jadwal, jarak dan mekanisme interaksi belajar mengajar di sekolah yang aman dan nyaman.

Selain belajar tatap muka, wako menginstruksikan, pihak sekolah untuk berinovasi dan mengkondisikan berapa kelas yang akan melakukan tatap muka, sistem daring dan juga laring. Serta nanti sebelum melaksanakan proses pembelajaran tatap muka guru-guru akan melakukan tes swab terlebih dahulu.

baca juga: Wako Fadly Harapkan Capaian Maksimal dalam Sensus Penduduk pada September 2020

"Belajar tatap muka merupakan sebuah tantangan untuk bisa melewati pandemi," ujar Fadly Amran.

Sementara Kepala Sekolah SMP 1 Kota Padang Panjang ,Rita Yanti, menyampaikan bahwa pihak sekolah siap untuk pembelajaran tatap muka.

baca juga: Beri Penghargaan pada Pensiunan ASN, Wako Fadly Amran: Terimakasih Atas Pengabdian Bapak dan Ibuk

"Kami telah mempersiapkan segalanya. Mulai dari anak-anak memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan dan sistem pembelajaran yang nantinya akan dibagi, seperti "A" melakukan daring dan "B" pembelajaran tatap muka. itu akan diberlakukan bergantian," jelasnya.

Kepala SMP 5 Ermita menambahkan, bahwa pihaknya sudah rindu dengan suasana sekolah. "Kami sudah rindu dengan suasana sekolah, dan kami juga telah siap untuk pembelajaran tatap muka," bangganya. (rj)

Editor: Rezka Delpiera