Ini Hasil Swab 111 Orang Warga Pasbar yang Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, 220 Lagi Masih Ditunggu

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia mengatakan hasil swab tes atau tes usap terhadap 111 warga dinyatakan negatif.

"Benar, hasil dari Laboratorium Unand Padang pagi ini menyatakan semuanya negatif," sebut Gina, Senin (10/8/2020).

baca juga: Simak Penjelasan Geolog UGM Ini Terkait Ramai Isu Gempa Besar dan Tsunami di Jawa

Ia mengatakan meskipun hasil dari 111 warga Pasaman Barat yang melakukan tes usap pada Sabtu (8/8/2020) kemaren negatif. Namun kata dia, pihaknya tetap melanjutkan tes usap terhadap 220 orang warga di dua tempat.

"Hari ini kita melakukan tes usap di dua tempat, sebanyak 131 orang di Kantor Bappeda Pasaman Barat dan 89 orang di Puskesmas Sungai Aur," katanya.

baca juga: WHO Peringatkan Jumlah Korban Pandemi Saat Ini Bisa Lebih Kecil dari Angka Sebenarnya

Gina menjelaskan 220 orang warga tersebut merupakan hasil tracking dari tim Gugus Tugas COVID-19 orang yang pernah kontak dengan pasien positif SP (30) dan CBR (25) dan juga warga yang melapor ingin di tes swab karena merasa pernah kontak dengan pasien.

Lanjut Gina, meledaknya jumlah warga dilakukan tes swab ini dikarenakan pasien diduga pernah kontak dengan warga saat menghadiri pesta pernikahan di Kecamatan Sungai Aur dan pelantikan Bamus di Nagari Aia Gadang.

baca juga: Alat Tes COVID-19 Cepat Seharga Rp74 Ribu Akan Dipasok ke Seluruh Dunia

"Jadi, selain yang di tes swab dari kantor kedua pasien ini bekerja. Pasien pernah kontak dengan warga di resepsi pernikahan di Kecamatan Sungai Aur dan acara pelantikan Bamus Nagari Aia Gadang," jelasnya.

Untuk diketahui dua orang pasien yang berinisial SP (30) dan CB (25) yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini, merupakan pasangan suami istri dan keduanya Aparatir Sipil Negara (ASN).

baca juga: Cetak Gol Kemenangan Melawan Dinamo Zagreb, Witan Ungkap Rahasianya

Pasangan suami istri ini bertugas di Sekretariat Daerah Pemkab Pasaman Barat dan Bappeda Pasaman Barat. Mereka merupakan pelaku perjalanan.

Perjalanan yang dilakukan oleh pasangan suami istri ini dari Lhokseumawe Aceh menuju Medan Sumatera Utara menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian dari Medan ke Kota Padang menggunakan pesawat.

Kedua suami istri itu diketahui terkonfirmasi positif COVID-19 setelah keluarnya hasil swab dari Laboratorium Unand Padang pada Jumat (7/8/2020).

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri