Kasus Positif COVID-19 di Puskesmas Limo Kaum I, Masyarakat yang Pernah Berkunjung Diminta Test Swab

Puskesmas I Limo Kaum Tanah Datar dilakukan penyemprotan desinfektan
Puskesmas I Limo Kaum Tanah Datar dilakukan penyemprotan desinfektan (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Kesehatan mengharapkan kepada warga Tanah Datar untuk melaporkan diri dan melakukan swab bila berkunjung atau memeriksa kesehatan di Puskesmas Limo Kaum I selama 24 Juli sampai 8 Agustus 2020.

"Berhubung dengan adanya kasus terkonfirmasi COVID-19 di Puskesmas Limo Kaum I, diharapkan kepada seluruh masyarakat Tanah Datar yang pernah berkunjung dan mendapatkan pelayanan kesehatan disana agar dapat melaporkan diri dan dilakukan swab," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Roza Mardiah di Pagaruyung Senin, 10 Agustus 2020.

baca juga: GOW dan KPU Tanah Datar Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak 2020

Ia menyebut warga dapat melaporkan diri lewat gawai dan whatsapp ke petugas kesehatan Isharianto di nomor 085274752700, Ola Anas di nomor 081266590263, atau Siska di nomor 08126726368.

"Informasi dan data dari masyarakat sangat penting dalam pemutusan mata rantai penularan COVID-19," tutur Roza.

baca juga: Rp695,2 Triliun Dialokasikan untuk Penanganan COVID-19, PK Gebrak Imbau UNP Masyarakat Awasi Penggunaan Dananya

Disebutkan, sembilan orang warga Tanah Datar yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing adalah lerempuan usia 51 tahun warga Simabur, perempuan usia 42 tahun, warga Limo Kaum, Perempuan usia 34 tahun, warga Limo Kaum, perempuan usia 47 tahun, warga Limo Kaum, perempuan usia 54 tahun, warga Bukit Gombak, perempuan usia 51 tahun, warga Baringin, perempuan usia 24 tahun, warga Balai Labuah Ateh, Pria usia 18 tahun, warga Limo Kaum, dan perempuan usia 43 tahun, warga Limo Kaum.

Dinas Kesehatan sedang melakukan penelusuran keluarga dan masyarakat yang pernah kontak erat dengan sembilan pasien dan diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah serta akan dilakukan tes swab, sehingga penyebaran COVID-19 bisa dicegah secepat mungkin.

baca juga: Studi: Kucing dan Anjing Positif Covid-19 Alami Masalah Pernapasan

Ia berharap masyarakat tidak panik dan tidak terpancing isu-isu yang tidak benar dan mendoakan pasien bisa segera sembuh, serta tidak memperlakukan diskriminatif kepada keluarga pasien.

Ia juga mengimbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan menjaga jarak sosial.

baca juga: Lebih Satu Bulan Isolasi, Wawako Payakumbuh Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Sementara itu, data kasus COVID-19 di Tanah Datar sampai hari ini pukul 15.00 Wib adalah kasus Positif 23 orang (13 orang sembuh, 9 orang isolasi mandiri, dan 1 meninggal dunia), ODP 2 orang, PDP 1 orang, dan notifikasi 179 orang. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera