Payakumbuh Dipilih BPK RI Perwakilan Sumbar Sebagai Objek Penilaian SPBE

Asisten 1 Setdako Payakumbuh Yoherman (tengah) saat mengikuti video conference dengan BPK RI Perwakilan Sumbar, Senin (10/8).
Asisten 1 Setdako Payakumbuh Yoherman (tengah) saat mengikuti video conference dengan BPK RI Perwakilan Sumbar, Senin (10/8). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Payakumbuh dipilih Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar sebagai salah satu kota yang dijadikan objek penilaian pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Pemilihan Kota Randang itu didasarkan atas pertimbangan bahwa daerah tersebut termasuk salah satu kabupaten kota di Sumbar yang penggunaan aplikasi SPBE-nya cukup baik.

baca juga: Kapolres Payakumbuh: Operasi Zebra Singgalang 2020 Untuk Pendisiplinan Masyarakat Berkendara

Sebagai salah satu bentuk persiapan, BPK RI Perwakilan Sumbar melaksanakan audiensi terkait penilaian SPBE melalui video conference dengan Asisten 1 Setdako Payakumbuh Yoherman di Aula Randang, Senin (10/8).

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang dituangkan dalam Perpu No. 95 tahun 2018, SPBE ditargetkan menjadi solusi dalam mewujudkn tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, serta akuntabel dengan mendorong pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

baca juga: Tetap Layani Warga Saat Pandemi, BPJS Kesehatan Payakumbuh Maksimalkan Layanan PANDAWA

Namun demikian, Kepala BKP RI Perwakilan Sumbar, Yusna Dewi menyebut, pelaksanaan penerapan SPBE masih belum optimal. Indonesia mengalami ketertinggalan dengan poin EDGI 0.5285 yang masih di bawah rata-rata negara Asia Tenggara 0,5555.

"Indonesia masih di bawah rata-rata dibanding negara tetangga seperti Thailand, Malaysia bahkan lebih rendah dari Vietnam," katanya.

baca juga: Investor Korea Akan Bangun Hotel Berbintang di Payakumbuh

Karena itu, pihaknya akan melakukan penilaian untuk melihat perkembangan serta mengidentifikasi masalah sehingga pemerintah dapat memfokuskan pelaksanaan serta evaluasi terhadap SPBE.

Dengan partisipasi Pemko Payakumbuh diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, parsitipatif, dan inovatif di seluruh wilayah Indonesia.

baca juga: Wali Kota Payakumbuh Lantik Tiga Kepala Dinas

"Kami berterimakasih atas apresiasi dipilih menjadi salah satu kota yang dianggap memiliki kualitas penerapan aplikasi e-gov yang baik. Demi menciptakan pelayanan yang lebih efisien dan ekonomis kami meminta bantuan dan bimbingan BPK kedepannya," sebut Asisten 1 Setdako Payakumbuh Yoherman. (*)

Editor: Taufik Hidayat