Jumlah Karyawan Telah Melebihi Kebutuhan, PDAM Payakumbuh Lakukan Pemetaan Potensi

Direktur Utama PDAM Tirta Sago Kota Payakumbuh, Khairul Ikhwan.
Direktur Utama PDAM Tirta Sago Kota Payakumbuh, Khairul Ikhwan. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Dengan jumlah karyawan yang sudah melebihi kebutuhan, yaitu 101 karyawan untuk 31.104 pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sago Kota Payakumbuh memiliki pekerjaan rumah untuk memetakan potensi masing-masing karyawannya agar pelayanan terhadap pelanggan bisa ditingkatkan.

Direktur Utama PDAM Tirta Sago Kota Payakumbuh , Khairul Ikhwan menyebut, apabila merujuk pada aturan, setiap satu pegawai di PDAM itu harus bisa melayani 1.000 pelanggan.

baca juga: Angka Positif COVID-19 di Payakumbuh Terus Naik, Dalam Dua Hari Bertambah 10 Kasus

"Berarti kalau sekarang kan tiga pegawai untuk 1.000 pelanggan. Sebenarnya jumlah ini telah lebih karena belum termasuk direksi juga," katanya, Senin (10/8).

Dengan telah berlebihnya jumlah karyawan yang dimiliki, maka pihak PDAM Tirta Sago Payakumbuh melaksanakan tes pemetaan potensi karyawan pada Sabut (8/8) dan Minggu (8/8) kemari.

baca juga: Ikut Panen Cabai, Wawako Payakumbuh Ajak Generasi Muda untuk Tidak Gengsi Jadi Petani

"Ini baru pertama kali dilakukan (tes pemetaan potensi). Tes ini akan menjadi kajian terhadap potensi, kelebihan, kekurangan serta kompetensi yang dimiliki oleh karyawan kami," katanya.

Menurutnya, apabila potensi karyawan telah terpetakan maka masing-masing orang akan bisa menempati posisi yang sesuai dengan bidang atau bagian kerja yang sesuai dengan kemampuan karyawan tersebut.

baca juga: Ribuan Keluarga di Payakumbuh Terima Bansos Beras PKH

"Karyawan saat ini kan masuknya berbeda-beda, jadi ini yang akan dipetakan. Dan nantinya memang akan ditempatkan memang yang menjadi minat bahkan potensi mereka. Silahkan mengaktualisasikan diri di sana," sebutnya.

Melalui tes pemetaan potensi, jajarak direksi juga akan memiliki acuan untuk dapat mengembangkan potensi SDM dan karir dari seluruh karyawan. Tentunya, kata dia, untuk mengembangkan potensi dan karir, pihaknya akan menyiapkan Diklat dan jenjang pendidikan bagi karyawannya.

baca juga: Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas II B Payakumbuh Belum Masuk DPS Pilkada

"Seperti ini, dari hasil ini kami kan sudah mendapatkan potensi dan dimana tempat mereka seharusnya. Potensi ini yang akan dikembangkan, sehingga nantinya semua akan bekerja maksimal," kata dia.

Ia mengatakan salah satu tujuan yang terpenting dari pemetaan ini adalah untuk menjadi acuan pengisian Perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) PDAM Tirta Sago Payakumbuh .

Jadi, dipastikannya, seluruh karyawan yang memang memiliki potensi untuk memimpin akan terjaring di tes pemetaan ini. Sehingga yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan, bisa mencari kesempatan itu di tes ini.

"Saat ini strukturnya memang telah ada, namun memang belum sesuai dengan seharusnya. Ini yang harus disesuaikan dengan kebutuhan," ujarnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat