Segera Terwujud, DPRD Payakumbuh Setujui Pembangunan Masjid Agung Payakumbuh

Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus didampingi Wakil Ketua Wulan Denura tandatangani Kesepakatan Pembangunan Mesjid Agung Secara Multi Year dan disaksikan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi
Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus didampingi Wakil Ketua Wulan Denura tandatangani Kesepakatan Pembangunan Mesjid Agung Secara Multi Year dan disaksikan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh setujui pembangunan Masjid Agung Payakumbuh . Persetujuan ini dilakukan setelah menggelar 4 Rapat Paripurna pada Rabu 5 Agustus 2020 lalu.

Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus mengatakan dalam 4 Rapat Paripurna Persetujuan DPRD yang digelar bersama Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi ini menghasilkan dua kesepakatan yang ditandatangani oleh walikota. Salah satunya dalah Penandatanganan Nota Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 dan Penandatanganan Kesepakatan Pembangunan Mesjid Agung Secara Multi Year.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

"Kesepakatan yang ditandatangani bersama Wali Kota Riza Falepi telah melalui tahapan antara DPRD bersama Pemko Payakumbuh . Kita berharap keputusan yang diambil bersama ini dapat terus memajukan jalannya pembangunan dan pemerintahan di Kota Payakumbuh ," kata Ketua DPRD Payakumbuh dari Farksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Kemudian, juru bicara DPRD Maharnis Zul dari Fraksi Golkar menyampaikan bahwa 6 fraksi di DPRD menyetujui pembangunan Masjid Agung Payakumbuh dengan beberapa catatan. Ia menjelaskan untuk pembebasan lahan harus selesai sebelum masjid dibangun dan ada fasilitas bagi lembaga adat serta agama.

baca juga: Karena Capaian Ini, Partai Golkar Usung Pasangan Sutan Riska - Dasril Panin di Pilkada Dharmasraya.

"Sehingga dalam hal ini ada integrasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Selain itu, juga dibarengi dengan akan adanya peningkatan ekonomi karena lokasi berdekatan dengan Ngalau Indah dan Batang Agam," kata Maharnis Zul.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengucapkan kepada DPRD yang telah menyetujui KUA PPAS dan Pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh . Ia menambahkan bahwa dirinya juga akan menargetkan lahan pembangunan Masjid Agung saat ini hanya 4,6 hektar menjadi 5 hingga 7 hektar nantinya.

baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan Nyaris 1 Ton Ganja

"Apresiasi kepada DPRD yang telah ikut menjawab keinginan besar masyarakat Kota Payakumbuh . Kita tak hanya akan membangun Masjid Agung saja di area tersebut, tapi banyak lagi sarana yang akan kita siapkan demi meningkatkan perekonomian masyarakat kita dan mohon dukungannya," ujar Wali Kota Payakumbuh yang telah menjabat selama dua periode ini.

#LiputanKhususSekretariatDPRDKotaPayakumbuh

baca juga: Truk Terguling, Flyover Bukittinggi Ditutup Sementara

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri