Jelang Pilkada

Pilkada Solsel, Paslon Tidak Bisa Dihubungi Tim Pemenangan Jon Matias-Jufrial Mundur

Tim pemenangan pasangan Jon Matias-Jufrial saat press Confrenc di Posko Pemenangan Jalan Cuaca Muara Labuh Solsel, Senin, 10/8
Tim pemenangan pasangan Jon Matias-Jufrial saat press Confrenc di Posko Pemenangan Jalan Cuaca Muara Labuh Solsel, Senin, 10/8 (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Setelah Kandidat Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati Jufrial tidak bisa dihubungi, Tim Pemenangan Balon Kepala Daerah Solok Selatan ( Solsel ) dari Jalur perseorangan Jon Matias-Jufrial menyatakan mundur disaat Tim tersebut tengah menghadapi verifikasi faktual (Verfak) dukungan perbaikan.

Ketua Tim Pemenangan Jon Matias-Jufrial, Saliman didampingi LO Bima Dwi Putra di Posko Pemenangan Jalan Cuaca Muara Labuh, Senin (10/8/2020). Mengatakan, saat ini tim sukses pasangan Jon Matias-Jufrial tersebut tidak akan melanjutkan Verifikasi faktual KPU atas syarat dukungan perbaikan sebanyak 6.373 dukungan yang dinyatakan telah memenuhi syarat administrasi.

baca juga: Bawaslu Pessel Sebut Kepala Kampung Masuk Pihak yang Dilarang Dukung Paslon

Dia menyampaikan keprihatinannya disaat pihaknya dan rekan timnya sedang berjuang untuk melengkapi kekurangan syarat dukungan yang dibutuhkan sebanyak 3.951 dukungan agar terpenuhi syarat minimal 11.417 dukungan. Karena sebelumnya sudah ada dukungan sah 7.466 dukungan yang memenuhi syarat.

"Malah terjadi fenomena yang tidak baik dilakukan Jufrial. Rasanya sudah lebih dua ratus kali kandidat 1 (Jon Matias) ikut menghubungi Jufrial, tetapi tidak pernah di angkat, " sesalnya.

baca juga: Erman Safar - Marfendi Sementara Unggul dalam Poling Pilkada Versi Medsos Kaba Bukittinggi

Menurutnya, Selain di telepon, Jufrial juga sudah di kirimi pesan whatsaap, bahwa, ada sesuatu hal yang penting untuk dibicarakan.

Namun imbuhnya, whatsaap itupun juga tidak direspon, ada kesan Jufrial meninggalkan pasangannya begitu saja, tanpa komunikasi yang jelas.

baca juga: Paslon di Lima Puluh Kota Punya Pengawal Pribadi

"Padahal ratusan timnya sudah pontang panting mengumpulkan KTP untuk melengkapi syarat dukungan. Hal ini tentu menjadi kekesalan kami, "katanya.

Dia mengungkapkan, baru-baru ini saat menyerahkan berkas yang akan di Verfak pada LO di Kecamatan Sangir Batang Hari sebagai basis Jufrial, Pihaknya merasa heran tidak satupun LO di tingkat jorong yang sebelumnya dibentuk bisa dijumpai.

baca juga: Peserta Pilkada Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan, Ini Langkah yang Akan Diambil Bawaslu Solsel

"Maka terpaksa kami bentuk lagi LO sebanyak 10 orang untuk Nagari Sitapus, Abai, Dusun Tangah dan Nagari RPC. Bahkan untuk Nagari Abai basisnya Jufrial kami bentuk 4 orang LO lagi" katanya.

Saliman melanjutkan Komunikasi terakhir dengan Jufrial sekitar tiga Minggu yang lalu saat dihubungi salah seorang tim bernama Wardiman. Dalam komunikasi itu disepakati bahwa Jufrial berjanji akan membiayai semua LO yang dibetuk untuk pemenangannya bersama Jon Matias.

Dia menambahkan sejak batas waktu menunggu respon Jufrial hingga dini hari malam tadi, Minggu (9/8/2020) tidak juga ada, maka mulai hari ini Senin 10/8 pihaknya tidak lagi melanjutkan verifikasi faktual.

"Kami sebagai tim menyatakan pasanganan ini tidak bisa lagi berlanjut, karena tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan," tegasnya.

Seiring dengan itu imbuhnya, kepada Tim pemenangan serta seluruh pendukung yang sudah menyerahkan KTP, pihaknya menyampaikan permohonan maaf.

"Mohon maaf sebesar-besarnya. Karena pasangan ini batal melaju sebelum ada hasil penetapan verifikasi faktualperbaikan, " katanya.

Dia berharap kejadian tersebut ada berkahnya untuk pendukung Jon Matias yang sangat menginginkan perbaikan untuk Solok Selatan kedepan.

Menurutnya, Kandidat yang diusung tersebut bukan tidak lolos untuk melaju pada Pilkada Solsel . Pihaknya yakin bisa lolos untuk melengkapi kekurangan data 4000 dukungan dalam rentang waktu empat hari dengan dukungan 100 orang LO yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Solsel .

"Jadi Sekali lagi, terhentinya perjalanan pasangan ini menuju Pilkada Solsel , dikarenakan Jufrial tidak lagi singkron dengan tujuan bersama yang sudah dibangun bersama pak Jon Matias," katanya.

Terpisah Komisioner KPU Solsel Divisi Teknis Wilson Chaniago memastikan tahapan Verifikasi faktual tetap berlanjut sesuai jadwal tanggal 8 sampai 16 Agustus 2020.

"Tetap lanjut, dari tanggal 8 sampai 14 Agustus, LO mengumpulkan pendukung sebelum didatangi tim verifikasi, pada tanggal 15 dan 16 jika ada pendukung yang belum diverifikasi, pendukung tersebut dibawa LO ke PPS untuk diverifikasi," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri